05 November 2016

Polisi: Pelaku Penjarahan di Penjaringan Manfaatkan Momen Kerusuhan 4 November

Pengrusakan dan penjarahan minimarket di Penjaringan tidak ada kaitannya dengan demonstrasi 4 November 2016. Pelaku penjarahan yang rata-rata masih ABG ini memanfaatkan peristiwa kerusuhan untuk melancarkan aksi kriminalitas itu.

"Kalau (demo) yang di Istiqlal itu tidak ada kaitannya dengan yang semalam melakukan tindak pidana di wilayah Penjaringan," kata Kasatreskrim Polres Metro Jakarta Utara, AKBP Yuldi Yusman, di Mapolres Jakarta Utara, Jl Laksamana Yos Sudarso, Jakarta Utara, Sabtu (5/11/2016). 

Pelaku penjarahan yang diamankan berjumlah 15 orang. Para pelaku rata-rata berusia 16 tahun hingga 18 tahun. Menurut dia, aksi itu bermotif ekonomi. 

"Memang mereka niatnya mau melakukan tindak pidana pencurian dengan memanfaatkan momen-momen yang saat ini kami sedang sibuk-sibuknya melakukan pengamanan pendemo di depan Istana. Kemudian saat chaos di sana, momen tersebut dimanfaatkan. Ketika kami lengah kemudian dia mencoba untuk melakukan tindak pidana tersebut," ungkap Yuldi.

Minimarket dan warung dirusak para pelaku pada Kamis 4 November 2016 sekitar pukul 22.00 WIB. Para pelaku melakukan penjarahan barang-barang dagangan minimarket dan warung nahas tersebut. 

Aksi perusakan dan penjarahan di sebuah minimarket di Penjaringan, Jakarta Utara, tak terkait demonstrasi 4 November di depan Istana Negara. Aksi penjarahan itu murni kriminal.

"Iya murni pidana, kriminal," kata Kasatreskrim Polres Jakarta Utara AKBP Yuldi Yusman kepada wartawan di Mapolres Jakarta Utara, Jl Laksamana Yos Sudarso, Jakarta Utara, Sabtu (5/11/2016). 

Yuldi menjelaskan rangkaian kejahatan yang terjadi malam tadi di minimarket yaitu penjarahan, pembakaran motor, dan pelemparan terhadap petugas. Ada 15 orang yang diamankan.

"Usia mereka rata-rata 16 sampai dengan 18 tahun," papar Yuldi.

Yuldi menegaskan aksi penjarahan itu tak terkait dengan demo 4 November. Kejahatan penjarahan ini murni kriminal, motifnya ekonomi.

"Semua kalau menurut saya ekonomi ya. memang mereka niatnya mau melakukan tindak pidana pencurian dengan memanfaatkan momen-momen yang saat ini kita sedang sibuk-sibuknya melakukan pengamanan pendemo di depan Istana," papar Yuldi. 

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih