02 March 2015

Tim Cagar Budaya DKI Akan Bantu Pemulihan Vihara Dharma Bakti

 Tim Cagar Budaya DKI Akan Bantu Pemulihan Vihara Dharma Bakti
Jakarta - Tim Ahli Cagar Budaya Pemprov DKI Jakarta, Candrian Attahiyyat, merasa prihatin dengan terbakarnya Vihara Dharma Bakti. Ia mengatakan timnya yang berada di bawah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta ini siap membantu pemulihan vihara bersejarah tersebut.

"Kami sangat prihatin ya dengan peristiwa kebakaran ini. Ini bukan hanya tempat ibadah, tapi juga aset bangsa yang harus dijaga," kata Candrian kepada wartawan di Vihara Dharma Bakti, Jalan Kemenangan Raya RT 02/02, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, Senin (2/3/2015).

Candrian telah mengamati bangunan ibadah yang terbakar tersebut. Menurutnya, bangunan yang dikatakannya dibangun pada abad ke-18 itu masih dapat diselamatkan.

"Nanti Kamis, tim kita akan datang ke sini, arsitek dan lain-lain. Besok juga (Vihara Dharma Bhakti) akan dijadikan bahan rapat pemugaran," jelasnya. Candrian berharap bangunan ibadah itu bisa segera diperbaiki.

"Harapan kita direkonstruksi, dipulikan kembali sesuai aslinya. Mengenai teknis pemugaran, akan dibantu Pemprov DKI. Teknisnya, ya, bukan keuangan. Kita akan beri bantuan teknis tentang pelestarian, kita koreksi mengenai perencanaan ke depan dari bangunan ini. Harapannya supaya pengelola punya wawasan pelestarian," imbuh Candrian.

Ditambahkan Candrian, ada beberapa hal yang perlu dievaluasi terhadap pengelola vihara. Khususnya bagaimana antisipasi keamanan ke depan. "Supaya hal-hal yang tidak diinginkan bisa diantisipasi cepat," jelasnya.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih