02 March 2015

Ini Reaksi Ahok dan Djarot Soal Vihara Dharma Bhakti yang Hangus Terbakar

Ini Reaksi Ahok dan Djarot Soal Vihara Dharma Bhakti yang Hangus TerbakarFoto patung Dewi Kwan Im yang selamat (Herianto/detikcom)
Jakarta - Bangunan Vihara Dharma Bhakti terbakar. Bagaimana tanggapan Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) mendengar peristiwa yang membuat ruang ibadah tersebut hangus terbakar?

"Nanti lihat saja, biasa bos-bos kumpul duit juga selesai. Saya juga cari cara," ujar Ahok kepada wartawan di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (2/3/2015).

Sementara itu saat ditemui secara terpisah, Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan vihara yang berusia sekitar 400 tahun tersebut termasuk bangunan cagar budaya. Sehingga sudah selayakmya dilindungi dan diperbaiki oleh Pemprov DKI.

"Kalau kebakaran, dari Pemprov ya harus turun dong. Aku belum ke sana. Nanti kita bicarakan sama pengurus di sana, karena itu kan masih heritage harus kita lindungi dan perbaiki, kembalikan seperti sedia kala," kata mantan Wali Kota Blitar tersebut.

Kebakaran ini sendiri menghanguskan seluruh ruang ibadah yang didominasi kayu. Namun, patung inti Dewi Kwan Im yang disebut berusia sekitar 300 tahun berhasil diselamatkan.

Selain itu, benda lainnya yang berhasil diselamatkan seperti lonceng besar warna biru muda buatan tahun 1890 dan hiolo besar buatan Guangzhou, Tiongkok pada tahun 1862. Saat ini Tim Puslabfor Polri masih menyelidiki penyebab kebakaran. Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat lilin besar yang masih menyala mengenai terpal.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih