JAKARTA, KOMPAS.com - Kenapa air yang mengalir di rumah tidak jernih? Padahal air yang dihasilkan oleh Palyja telah melalui proses desinfektasi dan pengujian berulang oleh tim laboratorium bersertifikasi.
"Itu masih terjadi, padahal syarat Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) no 492 tahun 2010 tentang kualitas hasil olahan danbulk water telah berhasil dilalui. Begitu juga dengan Permenkes no. 416 tahun 1990 tentang kualitas air bersih di jaringan," ujar Presiden Direktur Palyja Jacques Manem pada konferensi pers di Jakarta, Kamis (8/1/2015) lalu.
Jacques mengatakan, tak salah jika menyebut pemicu keruhnya air yang sampai di rumah pelanggan salah satunya adalah akibat kebocoran air. Dengan adanya kebocoran, sangat memungkinkan tanah ataupun beberapa partikel lainnya masuk ke dalam saluran perpipaan sehingga air menjadi keruh.
Kebocoran air dalam jaringan perpipaan dapat disebabkan oleh dua hal. Yang pertama disebut dengan kebocoran fisik. Kebocoran ini dapat disebabkan oleh faktor usia pipa ataupun imbas pengerjaan proyek, misalnya tiang panjang gedung.
"Sedangkan penyebab kebocoran yang kedua adalah kebocoran komersial. Yang dimaksud dengan kebocoran komersial ini mencakup konsumsi tidak resmi atau pencurian air dan pemakaian air secara ilegal, ketidaktepatan pembacaan meter, dan kesalahan dalam penanganan data pelanggan," ujarnya.
Jacques mengatakan, konsumsi air tidak resmi atau kebocoran yang disengaja selain menyebabkan air menjadi keruh, juga membuat tekanan air menjadi kecil dan tidak kontinyu.
"Pelakunya bisa saja pelanggan ataupun oknum yang ingin mengambil keuntungan pribadi. Tindakan inilah yang membuat pelanggan resmi kami tidak dapat menikmati haknya secara utuh," katanya.
Adapun modus sambungan ilegal adalah mencuri air dari pipa distribusi tanpa melalui meteran air. Sementara itu, modus pemakaian air ilegal dilakukan lewat cara merusak meter air dengan tujuan menurunkan jumlah air yang tertagih.
Terkait dengan itu, lanjut Jacques, Palyja mengajak pelanggan dan pihak-pihak lain yang mengetahui adanya segala bentuk kebocoran dan pencurian air untuk melaporkan ke Call center 24 jam 2997 9999, email palyja.care@palyja.co.id,ethics.committee@palyja.co.id, serta SMS ke 0816 725 952 dan 0818 725 952.
No comments:
Post a Comment
http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih