28 October 2014

Menpora Imam dan Roy Suryo Ziarah ke Makam Tokoh Sumpah Pemuda di Yogya


Yogyakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, ziarah ke makam tokoh Sumpah Pemuda 1928, Ki Soegondo Djojopoespito di makam Wijayabrata, Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Soegondo Djojopoespito adalah tokoh pembangkit pemuda Indonesia. Dia dikenal sebagai ketua kongres Pemuda Indonesia II 28 Oktober 1928.

Acara ziarah ini merupakan rangkaian peringatan nasional Hari Sumpah Pemuda.

Imam Nahrawi hadir bersama istri, pejabat kemenpora dan mantan Menpora Roy Suryo. Rombongan tiba sekitar pukul 10.30 WIB. Di kompleks makam, rombongan disambut Majelis Luhur Taman Siswa, Ki Bitus Iswanto.

Dalam sambutannya, Bitus mengatakan makam Wijayabrata adalah makam keluarga besar Taman Siswa. Di makam tersebut dimakamkan beberapa tokoh pahlawan nasional seperti Ki Hajar Dewantara, Ki Sarwidi, Ki Sarino Mangunpranoto, Ki Muhammad Said, mantan Perdana Menteri Dr Sukiman Wiryosanjoyo dan mantan Menteri Kehutanan Soedjarwo.

Imam Nahrawi dalam sambutannya mengatakan dirinya menaruh hormat setinggi-tingginya ke Ki Soegondo sebagai seorang tokoh Sumpah Pemuda 1928. Dalam usia 23 tahun Soegondo sudah berani tampil sebagai ketua kongres Pemuda II yang kemudian melahirkan Sumpah Pemuda sebagai tonggak perjuangan kemerdekaan Indonesia.

"Dia jadi pemimpin pemuda di usia 23 tahun, sedangkan saya baru diusia 41," ungkap Nahrawi.

Di makam tersebut, menpora melakukan tabur bunga di pusara makam Ki Soegondo Djojopoespito dan istri Ny Soewarsih Soegondo Djojopoespito. Ki Soegondo dilahirkan pada tanggal 22 Februari 1905. Dia meninggal pada tanggal 23 April 1978. Sedangkan istrinya Nyi Soewarsih lahir20 April 1912 dan meninggal 24 Agustus 1977.

Usai tabur bunga di pusara makam Soegondo melakukan tabur bunga di makam Ki Hajar Dewantara, Nyi Hajar Dewantara dan anaknya.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih