23 September 2014

NJOP Jakarta Naik, Harga Tanah di Kawasan Segitiga Emas Melonjak 100%

//images.detik.com/content/2014/09/23/1016/164835_scbd.jpg
Jakarta -Mulai tahun ini Pemda DKI Jakarta menaikkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tanah dan bangunan rata-rata20%-140%. Meski NJOP selama ini selalu di bawah harga pasar, kenaikan NJOP berdampak pada kenaikan harga pasar tanah di Jakarta, termasuk di lokasi-lokasi premium.

Sekretaris DPD Real Estat Indonesia DKI Jakarta, Arvin F Iskandar mengatakan, ada beberapa titik di Jakarta dengan harga premium. Ia menyebutkan ada kawasan yang masuk kategori Ring I atau segitigas emas Jakarta alias central business district (CBD).

"Ring I itu di Thamrin, Sudirman, Gatot Subroto, MT Haryono, Kuningan, lalu Menteng," kata Arvin ditemui di kantor DPD REI Jakarta, Kuningan, Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Menurutnya, harga tanah di kawasan segitiga emas melonjak hampir 30% setiap tahun. Apalagi dengan adanya kenaikan NJOP, harga tanah menurutnya bisa naik hingga 100%.

"Naiknya sampai 100% karena NJOP itu," katanya.

Ia mencontohkan, di daerah Sudirman, harga tanah sudah sangat mahal, terutama di kawasan CBD yang mencapai Rp 150 juta, padahal beberapa tahun lalu (2011) masih Rp 60 juta per meter.

"Di Sudirman yang dulu kita anggap nggak mungkin, sekarang kejadian. Harganya bisa Rp 100-150 juta-an/meter persegi," katanya.

Selain itu dia menyebutkan di kawasan Menteng pun harga tanah bisa mencapai Rp 100 juta/meter persegi. "Lalu di TB Simatupang, tahun lalu Rp 16 juta, sekarang jadi Rp 26 juta. Berapa persen itu?" tuturnya.

Menurut Arvin, harga tanah di Indonesia yang cukup mencengangkan itu belum apa-apa dibandingkan dengan harga tanah di negara tetangga seperti Malaysia, Singapura ataupun Australia yang bisa mencapai ratusan juta per meter perseginya.

"Harga kita itu nggak semahal harga harga mereka, mereka masih jauh lebih mahal kalau saya lihat. Makanya ada investor asing ke sini," katanya.
(zul/hen) 

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih