25 September 2014

Gubernur Riau Ditangkap KPK, Mendagri Kaitkan dengan Pilkada Langsung

Jakarta - Gubernur Riau Annas Maamun ditangkap KPK karena kasus dugaan suap. Mendagri Gamawan Fauzi yang sedang mengikuti paripurna RUU Pilkada di DPR angkat bicara soal penangkapan Gubernur berusia 74 tahun itu.

"Saya sangat prihatin dengan hal ini. Tertangkapnya Kepala Daerah ada hubungan dengan pilkada langsung. Jadi maksudnya kalau tak berkualitas akan seperti ini jika dipilih," kata Gamawan kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (25/9/2014).

Gamawan belum lama ini memang mendapat gelar doktor dengan disertasi berjudul 'Pengaruh Pemilihan Kepala Daerah Langsung Terhadap Korupsi Kepala Daerah di Indonesia'. Dia menyebut risetnya membuktikan ada hubungan antara korupsi kepala daerah dengan pilkada langsung.

"Riset saya membuktikan kalau ada hubungannya. Maka itu kalau pun tetap dipilih pilkada langsung maka harus ada perbaikan," ujarnya.

Meski demikian, bukan berarti Gamawan anti pilkada langsung. Dia setuju saja pilkada langsung dipertahankan, tapi dengan perbaikan.

"Supaya tak terulang lagi," ujarnya.

Annas Maamun yang juga Ketua DPD Golkar Riau ditangkap di sebuah tempat di Jakarta Timur sekitar pukul 18.00 WIB petang tadi. Beberapa orang ikut ditangkap.

Pembahasan RUU Pilkada saat ini sedang berlangsung di DPR. Ada dua opsi yang akan dipilih oleh DPR, pilkada langsung dengan 10 perbaikan dan pilkada lewat DPRD.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih