30 July 2014

Pasar Gembrong Dipenuhi PKL Hingga Tumpah ke Jalan

Foto: Prins David Saut/detikcom
Jakarta - Suasana libur masih terasa hingga hari ini, sebagian warga Jakarta dan sekitarnya memanfaatkan libur lebaran dengan berbagai cara. Salah satunya dengan berbelanja bersama keluarga.

Selain pusat perbelanjaan yang dipenuhi pendingin ruangan dan restoran berkelas, Pasar Gembrong juga tak kalah ramai dibandingkan pusat perbelanjaan tersebut. Tampak dari satu jalur yang dialihfungsikan menjadi parkiran motor dan mobil sepanjang 300 meter di Jl Jenderal Basuki Rahmat, Jakarta Timur, Rabu (30/7/2014).

Pasar yang dikenal dengan mainan dan karpetnya itu ramai dipenuhi sekitar ratusan warga Jakarta yang berbelanja bersama keluarga. Namun sayang, keramaian ini berimbas pada tumpahnya dagangan para pedagang hingga ke trotoar.

Para pedagang mainan menata dagangan mereka hingga memenuhi trotoar. Mereka juga mendirikan tenda semi permanen di trotoar. Selain itu, pedagang karpet juga menggelar lapak mereka di trotoar sehingga pejalan kaki harus berjalan di sisi paling kiri jalan raya.

Tidak hanya pedagang mainan dan karpet yang memanfaatkan fasilitas umum untuk keuntungan pribadi, pedagang makanan bergerobak pun turut memanfaatkan fasilitas bagi pejalan kaki itu.

Beberapa pedagang makanan bergerobak ada yang sampai menjajakan dagangannya di jalur paling kiri jalan raya. Sementara pembelinya dibiarkan duduk di kursi plastik atau trotoar di bawah rindang pohon.

Menurut warga sekitar, hal ini biasa terjadi di hari libur atau akhir pekan. Sehingga tak ada yang merasa terganggu dengan keberadaan PKL di trotoar atau parkiran di jalur kiri jalan raya. Padahal, Pemprov DKI telah menertibkan PKL yang memakan trotoar pada awal tahun ini.

"Ah, ini kan masih libur lebaran, nggak apa-apa. Cuma setahun sekali ini saja," ujar Faisal yang terkadang tampak membantu mobil yang parkir atau meninggalkan Pasar Gembrong.

Pantauan pada pukul 10.20 WIB, tak tampak petugas Satpol PP di lokasi yang bisa menertibkan para PKL itu. Juga tak ada tanda dilarang parkir kecuali hari libur di ruas jalan tersebut.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih