19 June 2014

Wiranto Sindir Prabowo soal Kelakar Penyesalan Tak Jadi Kudeta

KOMPAS.com — Mantan Menhankam dan Panglima ABRI, Wiranto, menegaskan bahwa dirinya tidak pernah sekali pun memiliki niat untuk melakukan kudeta pada tahun 1998 dan tidak pernah menyesal karena tak melakukan kudeta tersebut. 

“Menyesal itu kan ada niat, tetapi kalau enggak ada niat ya enggak apa-apa,” ungkap Wiranto dalam keterangan pers, Kamis (19/6/2014).

Sebelumnya, saat memberikan kuliah umumdi Four Seasons Hotel, Jakarta, 18 Desember lalu, dalam kapasitasnya sebagai bakal calon presiden, Prabowo mengatakan bahwa dia sadar betul citra dirinya tidak terlepas dari peristiwa sejarah tahun 1998. Prabowo yang merupakan menantu Presiden ke-2 RI Soeharto itu sempat diisukan akan melakukan kudeta terhadap Presiden ke-3 RI BJ Habibie.

Terkait isu kudeta, mantan Panglima Komando Strategi Angkatan Darat itu sempat mengatakan penyesalannya tidak jadi melakukan kudeta pada 1998 silam. Pernyataan itu diucapkan Prabowo sambil tertawa.

"Saya letnan jenderal purnawirawan, mantan Panglima Kostrad yang hampir kudeta. Tapi, kudeta enggak jadi, nyesel juga saya sekarang, ha-ha-ha...," ujar Prabowo waktu itu.

Sebagai panglima ABRI pada waktu itu, Wiranto mengatakan, banyak yang tidak tahu bahwa kewenangan Prabowo waktu itu terbatas saat menjadi Panglima Kostrad. Dia hanya bertindak sebagai panglima yang membina, melatih, dan mengembangkan kekuatan dari satuan Kostrad.

“Yang menggunakannya adalah Panglima ABRI saat itu. Tak mungkin Panglima Kostrad mau mengudeta. Tidak mungkin, tidak boleh, dan tidak bisa menggunakan pasukan tanpa izin Panglima ABRI,” tekannya.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih