19 June 2014

Sering Dinas ke Luar Negeri, Ini Kata Wali Kota Ridwan Kamil

Bandung - Belum setahun menjabat sebagai Wali Kota, Ridwan Kamil kerap bepergian ke luar negeri. Saat disinggung wartawan terkait kepergiannya itu, pria yang akrab disapa Emil tersebut menyebut kepergiannya ke luar negeri untuk 'mengetuk pintu' bantuan dana dari luar negeri.

"Pergi dinas ke luar itu tidak selalu identik dengan pemborosan anggaran, saya kemarin ke Singapura ada 30 meeting, ke Jepang 22 meeting. Saya juga transparan, posting di sosmed kegiatannya," ujar Emil di Gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Aceh, Kamis (19/6/2014).

Emil pun mengaku hasil kepergiannya ke luar negeri tersebut menghasilkan dampak positif untuk Bandung.

"Waktu ke Belanda, hasilnya sekian juta euro untuk PDAM, ke Jepang kemarin, nanti mau bikin kantor di Sabuga. Kebanyakan berdampak positif untuk Bandung," ucapnya.

Lebih lanjut Emil mengatakan, tahun ini ia sudah menolak 6 undangan dari pihak luar negeri. Ia mengaku cukup selektif untuk memilah mana undangan yang bersifat urgent atau tidak.

"Saya sudah menolak udangan 6 negara. Di antranya Amerika, Australia, Perancis. Banyak sekali yang ingin kerjasama dengan Bandung. Saya punya analisa sendiri mana yang layak didatangin, mana yang tidak," terangnya.

Sementara untuk anggarannya sendiri, menurut Emil, tidak semua berasal dari APBD. Ada kegiatan yang biaya akomodasinya ditanggung oleh pengundang

"Enggak semua dari APBD, ada sebagian yang dibayarkan oleh yang mengundang," ucapnya.

Sementara untuk kepergian Kepala Dinas ke luar negeri maupun ke luar kota, pihaknya akan mengakaji ulang 'jatah' dinas luar tersebut.

"Kalau untuk kepala dinas akan dikaji lagi. Apakah nanti dilihat dari skala urgensi atau perhitungan matematika," tandasnya.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih