20 June 2014

Perayaan Patung Bergerak di Jakarta Terbesar Se-Asia Tenggara

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta International Humanoid atau festival patung bergerak yang diselenggarakan untuk memeriahkan HUT ke-487 DKI Jakarta, merupakan yang terbesar se-Asia Tenggara. Pasalnya, pada acara ini melibatkan sebanyak 487 seniman patung. 

Seniman pantomim Septian Dwi Cahyo mengatakan, jumlah tersebut mengalahkan acara serupa di dunia yang hanya menampilkan sebanyak 200 seniman saja. 

"Humanoid ini terbesar di Asia Tenggara. Karena belum pernah ada event yang memproduksi 487 manusia jadi patung," kata Septian di Balaikota Jakarta, Jumat (20/6/2014). 

Pada acara ini, ada dua seniman humanoid pemenang The World Championship of Living Statues 2013 di Kota Arnhem Belanda juga turut berpartisipasi, yakni John Man dari Jerman dan Aston dari Bulgaria. 

Ia menjelaskan, komunitas humanoid di Jakarta tidak terlalu banyak. Sehingga, untuk mengumpulkan orang yang mau bergabung, pihaknya melibatkan seniman teater dan pantomim. 

"Nanti banyak karakter yang ditampilkan. John Man nanti menjadi patung putih. Sehingga pengunjung bisa secara bebas menggambar bagian tubuhnya dengan cat yang telah disediakan," kata Septian. 

Karakter lainnya yang akan ditampilkan adalah tokoh-tokoh nasional, pahlawan nasional, berbagai kebudayaan Betawi, dan pedagang Betawi. 

Acara ini akan diselenggarakan pada Minggu 22 Juni 2014 di Plaza Monas, Jakarta Pusat. Selain itu, para seniman juga akan tampil pada acara Jakarta Night Festival pada 21 Juni 2014 malam. Pengunjung yang datang juga bisa mengikuti workshop mengenai humanoid secara gratis.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih