05 November 2016

Pulang Sore Ini, Pendemo 4 November Bersih-Bersih Sampah di Istiqlal

 Pasca aksi unjuk rasa 4 November, sejumlah orang yang masih menginap di Masjid Istiqlal memutuskan pulang sore ini. Ratusan pengunjuk rasa yang kebanyakan berasal dari luar daerah tersebut memutuskan akan kembali ke daerah asalnya setelah sempat menginap di Istiqlal.

"Sudah 3 hari menginap sini. Ini sudah mau pulang. Rombongan kita naik bus. Alhamdulillah sehat semua kita," kata salah satu massa yang berasal dari Aceh, Rachmad (32) di Istiqlal, Jakarta Pusat, Sabtu (5/11/2016).

Bersama rombongan dari Aceh lainnya, Rachmad akan kembali ke Aceh menggunakan bus pukul 17.00 WIB nanti. Sambil menunggu waktu kepulangan, Rachmad dan beberapa rombongan dari daerah lain membantu bersih-bersih di Istiqlal.

"Iya ini kita bersih-bersih. Kita bersiap pulang, sudah dari kemarin kita di sini," kata Muhammad Awan (29), pendemo yang berasal dari Madura.

Bersama-sama, para pendemo tersebut membersihkan sampah, menyapu dan mengumpulkan sampah yang berserakan di sekitar Istiqlal. Sampah-sampah yang dikumpulkan tersebut dimasukkan ke kantong plastik besar untuk dibuang.

Awan sendiri menyayangkan aksi yang akhirnya harus berakhir dengan keributan meskipun akhinya bisa ditertibkan oleh aparat tadi malam.

"Kemarin sangat disayangkan, padahal kita ingin aksi damai. FPI kan damai, pasti ada yang nyusupin. Ada provokatornya. Karena niat kita pun damai," kata Awan.

Senada dengan Awan, pendemo lain yang berasal dari Lhokseumawe, Ridwan (23) juga prihatin karena sekelompok orang memanfaatkan situasi untuk membuat ricuh.

"Saya udah dari hari Kamis (3/11) disini. Disayangkan kemarin ricuh, iya, awalnya kan kita ingin damai," kata Ridwan.

"Alhamdulillah ini demo luar biasa, terkendali dengan baik. Sesuai perintah komando, dari FPI. Karena ada kendala, informasi terputus," sambung teman Ridwan, Anwar (43) di lokasi yang sama.

Mereka berharap unjuk rasa yang mereka lakukan tidak sia-sia. Mereka akan memantau proses hukum yang akan dilakukan polisi terhadap Basuki Tjahaja Purnama dan berharap gubernur non aktif tersebut segera diproses.

"Ya kita umat Islam ingin Ahok prosesnya dipercepat, kalau tidak, saya paling depan," tutup Awan. 

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih