12 October 2016

Sri Mulyani, Menteri Perempuan Pertama Pimpin Pertemuan Bank Dunia-IMF

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati merupakan Ketua Komite Pembangunan dalam pertemuan tahunan World Bank (Bank Dunia) dan IMF (International Monetary Fund) di Washington DC, Amerika Serikat (AS) pekan lalu. Sri Mulyani ternyata adalah perempuan pertama yang memimpin pertemuan tersebut.

Demikianlah disampaikan Sri Mulyani dalam konferensi pers di Gedung Djuanda, Kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Rabu (12/10/2016). 

"Saya menghadiri rapat tahunan World Bank dan IMF ini sekaligus juga sebagai ketua development committee. Untuk pertama kali dalam 75 tahun lebih Bank Dunia didirikan, development committee dipimpin oleh menteri perempuan, yaitu saya. Jadi buat mereka ini adalah sesuatu yang spesial," terangnya.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Menteri Keuangan atau Menteri Ekonomi Pembangunan dari 25 negara yang mewakili 189 negara yang merupakan anggota Bank Dunia.

"Development Committee dalam pembahasan ini berfokus kepada bagaimana mendukung negara anggota, untuk bisa melakukan sinergi kebijakan ekonomi di bidang moneter fiskal dan reformasi struktural dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja," ujarnya.

Di samping itu berbagai topik juga menjadi pembahasan, baik itu dilihat secara makroekonomi maupun hal-hal yang lebih spesifik.

"Kembali lagi terulang analisa mengenai tahun ini dan tahun depan bahwa masih akan terus menghadapi tantangan dalam bentuk pelemahan ekonomi. Mereka melihat kebijakan moneter telah digunakan secara maksimal, tapi perlu dukungan dari kebijakan fiskal dalam rangka pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja," papar Sri Mulyani

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih