11 October 2016

Ganjar: Selesaikan Masalah Agama Sebaiknya Melalui Dialog

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menekankan upaya dialog dalam menciptakan suasana keberagaman di masyarakat.

Secara khusus, dia menanggapi aksi penolakan oleh organisasi massa Islam yang menolak peringatan Asyura di Kota Semarang, Selasa (11/10/2016).
"Kalau kemarin, saya sempat komunikasi ketika mereka minta izin. Lalu saya sampaikan ke MUI karena ini urusan agama. Sebaiknya ini seperti apa?" kata pria 47 tahun itu.
Jauh sebelum kegiatan digelar, ternyata perayaan sempat direncanakan digelar di Pusat Rekreasi Promosi Pembangunan (PRPP) Semarang. Namun kegiatan batal digelar di PRPP.
Pengelola wisata lalu membatalkan dengan alasan ditolak oleh organisasi Islam. Mereka lantas mengadukan ke pemerintah, berharap agar kegiatan tetap dilanjutkan.
Semua pihak lantas bertemu pada Sabtu (9/10/2016) di ruang kerja Gubernur. Pertemuan melibatkan para pihak, termasuk dari unsur MUI, organisasi agama, pemerintah, TNIPolri dan intelijen, hingga menorehkan kesepakatan memperbolehkan kegiatan Asyura, namun dengan syarat tertentu.
Pelaksanaan acara pun diizinkan, lalu dipusatkan di Masjid Nurus Tsaqalain di Jalan Boom Lama Semarang.
"Kegiatan disepakati, boleh asal tempatnya tertutup, tidak di jalanan umum dan tidak boleh ada ritual menyakiti diri sendiri," jelas Ganjar.
Jika memang tidak puas atas kesepakatan yang ada, Ganjar berharap melalui jalan dialog.
Ternyata, massa Islam tetap datang ke lokasi acara dengan membawa ratusan anggota dari berbagai daerah.
Namun aksi mereka akhirnya berujung damai, meski sebelumnya mereka nyaris adu bentrok dengan kepolisian yang berjaga di sekitar lokasi.
"Kalau ada belum puas, nanti bisa dengan jalan dialog saja, lewat dialog," ucap orang nomor satu di Jateng ini.

Sebelumnya, polisi menyiagakan 780 pesonel kepolisian untuk mengamankan para pihak yang hendak membubarkan acara tersebut. Pengamanan diberikan karena kegiatan itu telah berizin serta dilindungi Undang-undang.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih