29 September 2016

Ahok: Kajian Korsel dan Belanda tentang Proyek Giant Sea Wall Belum Selesai

Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan kajian untuk megaproyek Giant Sea Wall masih lama terealisasi. Bahkan kajian untuk tanggul garuda raksasa belum selesai.

"Kalau giant sea wall, garuda raksasa, sampai hari ini kajiannya masih belum selesai antara Korea Selatan dan Belanda," kata Ahok di Pasar Nangka, Senen, Jakarta Pusat, Kamis (29/9/2016).

Pihak Korea Selatan dan Belanda disebutnya masih mengkaji proyek yang juga ditangani pemerintah pusat ini. Namun Pemerintah Provinsi DKI mulai membangun bagian dari proyek besar itu, berupa tanggul di tahap A.

"Tanggul sudah ada existing 2,8 meter. Kita mau tambahi sedikit menjadi 3,8 meter," kata Ahok.

Di tanah sekitar tanggul itu akan dibangun rumah susun untuk para nelayan. Itu berada di kawasan tanggul tahap A. Namun untuk tanggul garuda raksasa, itu berada di kawasan tahap C di lautan yang lebih jauh dan masih dikaji.

"Masih kajian. Tapi kalau yang A sudah lengkap. Tahap B dan C belum. Giant Sea Wall saya kira 30 tahun mendatang belum akan mulai," ujar Ahok.

Sebagaimana diberitakan, pemerintah Korea lewat Korea International Cooperation Agency (KOICA) dan Belanda menyatakan keseriusan untuk berpartisipasi dalam program tanggul laut raksasa di utara Jakarta yang dikenal dengan National Capital Coastal Development (NCICD). 

Pihak Korea akan menggelontorkan dana sekitar US$ 9,5 juta atau Rp 133 miliar (kurs Rp 14.000/US$), sedangkan pihak Belanda akan menggelontorkan dana Rp 8,5 juta Euro atau Rp 85 miliar, totalnya sebesar Rp 218 miliar berbentuk hibah.

Proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD)/Pengembangan Terpadu Pesisir Ibukota Negara (PTPIN) atau yang dikenal dengan 'Tanggul Laut Garuda Raksasa' merupakan pengendali banjir Jakarta ini akan membangun bendungan di tengah laut sehingga di Teluk Jakarta akan terbentuk waduk baru berukuran sangat besar. 

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih