27 May 2016

Tekad PDIP Melawan Calon Independen

DPD Gerindra DKI dan DPD PDIP DKI bertemu menjajaki kemungkinan koalisi. Ada cerita tekad PDIP melawan calon independen dalam pertemuan itu.

Dipimpin oleh M Taufik, Gerindra DKI menyambangi markas DPD PDIP DKI yang terletak di wilayah Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (26/5). Gerindra diterima oleh DPD PDIP DKI yang dipimpin oleh Plt Ketua DPD PDIP DKI Bambang DH, ada juga Sekretaris DPD PDIP DKI Prasetio Edi Marsudi.

Dalam pertemuan yang berlangsung tertutup itu, Taufik diberi kesempatan bicara lebih dulu. Dalam paparannya, Taufik menjelaskan Gerindra sudah punya bakal cagub, yaitu Sjafrie Sjamsoeddin, Sandiaga Uno, dan Yusril Ihza Mahendra. 

Bambang DH dan M Taufik (Ari Saputra/detikcom)
Selain menjelaskan soal 3 bakal cagubnya, Taufik juga memaparkan partainya sudah menjalin komunikasi dengan PKS, Demokrat, PAN, PPP, Muhammadiyah, dan NU. Komunikasi politik dijalin Gerindra dengan tujuan mencari lawan bagi cagub DKI incumbent Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Dalam pertemuan itu Taufik juga ingin memastikan bahwa PDIP tak mendukung Ahok," ujar sumber detikcom yang ikut dalam pertemuan, Jumat (27/5/2016).

Selesai Taufik bicara, lalu Bambang DH merespons. Dalam paparannya, Bambang menegaskan komitmen PDIP untuk menjadikan parpol sebagai satu-satunya sarana mencari pemimpin daerah. Ruang bagi calon independen, kata Bambang DH dalam pertemuan itu, harus dipersempit.

Bagi PDIP, keputusan MK yang membolehkan adanya calon independen sudah tak relevan lagi dengan kondisi saat ini. PDIP tak ingin calon independen tumbuh subur.

"PDIP merasa parpol sekarang ini kaderisasi di parpol sudah baik. PDIP inginnya ruang calon independen dipersempit," ujar sumber itu.

Jumper pers PDIP dan Gerindra, Kamis (26/5) kemarin (Ari Saputra/detikcom)
PDIP lalu mengungkit kenangan manis koalisi dengan Gerindra di Pilgub 2012. PDIP yakin kenangan manis itu akan terulang, koalisi dengan Gerindra diyakini bisa menjungkalkan Ahok. Bambang lalu meminta pertemuan dengan Gerindra tak hanya sekali.

Prasetio Edi Marsudi lalu memberi tambahan singkat. Dia bicara soal komunikasi yang sudah dijalinnya dengan M Taufik selama ini.

Lalu Taufik kembali bicara. Dia menegaskan Gerindra dan PDIP punya kesamaan pandangan menghadapi Pilgub DKI 2017. Taufik juga mengatakan sudah mengantongi restu Ketum Gerindra Prabowo Subianto untuk menjajaki koalisi dengan PDIP.

Pertemuan berakhir dengan kesimpulan kesamaan pandangan, namun belum ada keputusan. Akankah PDIP dan Gerindra kembali berkoalisi? 

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih