27 May 2016

Saat Jokowi Diapit PM Abe dan Kanselir Merkel di Jepang

Saat Jokowi Diapit PM Abe dan Kanselir Merkel di Jepang

 Presiden Joko Widodo menghadiri kegiatan G7 Outreach Meeting di Ise-Shima, Jepang. Dalam momen itu, Jokowi duduk diapit PM Jepang Shinzo Abe dan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Acara digelar di Sun Arena Ise-Shima, Perfektur Mie, Jepang, Jumat (27/5/2016). Pantauan detikcom di lokasi, Jokowi yang tampak memasuki ruangan sekitar pukul 10.00 waktu setempat itu langsung disambut oleh PM Shinzo Abe. Keduanya kemudian saling berjabat tangan dan melempar senyum ke awak media.

Tak lama, Jokowi memasuki ruang Outreach Meeting. Di sana sudah hadir Presiden Amerika Serikat Barack Obama, PM Inggris David Cameron, PM Italia Matteo Renzi, Kanselir Jerman Angela Merkel, PM Kanada Justin Trudeau dan Presiden Perancis Françoise Hollande.

Jokowi duduk diapit Shinzo Abe dan Angle Merkel (Ray Jordan/detikcom)
Jokowi yang tampak mengenakan setelan jas warna hitam dan dasi warna merah itu duduk di antara PM Shinzo Abe dan Kanselir Jerman Angela Merkel. Di belakang Jokowi tampak Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi mendampingi.

Dalam sesi pertama Outreach Meeting ini, Jokowi akan menjadi salah satu pembicara utama. Jokowi akan membahas persoalan kestabilan dan kesejahteraan di Asia.

Untuk diketahui, Indonesia bukanlah anggota dari G7 atau biasa disebut Group of Seven. Namun kehadiran Jokowi di kegiatan ini adalah atas undangan dari PM Jepang Shinzo Abe. Outreach Meeting ini sendiri adalah pertemuan antara negara-negara G7 yang notabenenya negara termaju di dunia, dengan negara-negara berkembang yang pertumbuhan ekonominya dinilai tumbuh dengan baik dalam kurun waktu belakangan.

Negara yang diundang untuk Outreach Meeting ini di antaranya, Indonesia, Vietnam, Sri Lanka, Papua New Guinea, Laos dan Chad. Selain itu, hadir juga Sekjen PBB Ban Ki Moon dan Presiden World Bank Jim Yong Kim. 

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih