13 November 2014

Mentan Amran: Ada 1 Juta Hektar Lahan Pertanian Baru akan Dibuka

//images.detik.com/content/2014/11/13/4/sawahpadi.jpg
Jakarta -Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menegaskan komitmen pemerintah dalam mencapai swasembada pangan di 2017. Salah satu gebrakan yang dilakukan adalah membangun irigasi baru di 12 provinsi dan penambahan 1 juta hektar lahan pertanian.

Hal ini disampaikan oleh Amran usai menggelar pertemuan dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera) Basuki Hadimuljono, di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis (13/11/2014).

Amran tak merinci berapa panjang irigasi yang akan dibuat. Namun ia menegaskan bahwa irigasi itu akan melayani 1 juta hektar lahan pertanian baru di seluruh Indonesia.

"Ada 1 juta hektar lahan pertanian baru yang akan dibuka pemerintah. Irigasi yang kita bangun akan melayani lahan pertanian tersebut," jelasnya.

Selain pembangunan irigasi baru, kementeriannya akan melakukan revitalisasi alias perbaikan irigasi yang sudah ada. "Karena, dari 7 juta hektar irigasi yang kita miliki lebih dari separuhnya dalam kondisi rusak," kata Amran.

Menurutnya irigasi tak hanya untuk menujang kegiatan pertanian tanaman padi. "Ada juga untuk pertanian tanaman jagung dan kedelai. Itu juga jadi perhatian kami, jadi bukan padi saja," kata Amran.

Keberadaan irigasi akan menjadi salah satu tulang punggung terwujudnya swasembada pangan yang ditargetkan pemerintah. "Karena percuma kita bebaskan lahan banyak, tapi airnya nggak sampai ke sawah. Tanaman itu kan butuh air, jadi irigasi itu penting," kata Amran

Ia menyebutkan akan ada 12 provinsi yang akan menjadi target prioritas pembangunan irigasi. Lokasi yang dipilih ada lokasi yang berpotensi menjadi lumbung pangan nasional seperti Aceh, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Timur.

"Tapi nanti wilayah lain juga akan kita lanjutkan. Tapi yang pertama kita prioritas itu dulu," tandasnya.

Ia menegaskan, program pembangunan irigasi tidak akan berbenturan dengan program serupa yang dikerjakan oleh Kementerian PU Pera untuk membangun irigasi. 

"Justri kita bersinergi. Mereka (PU Pera) yang kerjakan jaringan utamanya, kami kerjakan yang tersiernya yang di dalam area pertanian," kata Arman.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih