13 November 2014

Melihat-lihat Ruangan Pemantauan Banjir Jakarta di Kantor Ahok

Jakarta - Banjir masih menjadi ancaman serius bagi warga Jakarta. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menghindari bencana ini, termasuk dengan memantau ketinggian permukaan Ciliwung selama 24 jam. 

Ruangan pemantauan Ciliwung ini terletak di lantai 3 Gedung F Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Di ruangan Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalpos) Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta ini terdapat dua monitor layar lebar yang memantau pergerakan ketinggian permukaan Ciliwung.

"Kita pantau selama 24 jam untuk antisipasi banjir," kata Adi Wibowo, operator Pusdalops BPBD DKI kepada detikcom, Kamis (13/11/2014). 

Layar pertama berisi informasi mengenai ketinggian air Ciliwung yang dipantau di setiap pintu air. Ketinggian air ini ditandai dengan warna-warna berbeda. Warna merah menunjukkan Siaga I, oranye untuk Siaga II, kuning siaga III dan hijau untuk Siaga IV. 

Di layar kedua terdapat layar untuk memantau CCTV setiap pintu air yang membentang dari Katulampa di Bogor hingga ke Jakarta Utara. Total ada 12 pintu air yang bisa dipantau di layar ini. Namun sayangnya CCTV yang menyala hanya di pintu air Manggarai dan Karet saja. 

Di layar itu juga terdapat CCTV beberapa jalanan di Jakarta. CCTV ini berguna untuk memantau genangan-genangan yang kerap membuat macet Jakarta. Di sebelahnya terdapat peta Jakarta yang bisa diklik untuk mengetahui ketinggian permukaan pintu air secare real time. 

Di hadapan dua monitor besar ini terdapat meja-meja berisi 18 komputer. Pada komputer-komputer ini operator menerima laporan warga soal genangan air, kebakaran dan juga genangan di Jakarta.



No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih