12 November 2014

Bawa Panci, Ratusan Warga Waduk Ria-Rio Protes Perintah Pengosongan Lahan

Waduk Ria Rio (Foto:Agung/detikcom)
Jakarta - Ratusan warga yang menempati lahan negara di kawasan Waduk Ria Rio di Rt 6, 7 RW 12 Kelurahan Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur ,berteriak dan mengecam kedatangan Satpol PP yang membawa surat perintah (SP) pengosongan lahan. Para warga memblokir jalan di lingkungan sekitar rumah mereka.

Sekitar 30 orang petugas Satpol PP gabungan dari Pemkot Jakarta Timur dan Pusat mendatangi pemukiman warga, Rabu (12/11/2014) pukul 10.45 WIB. Mereka membawa surat perintah pengosongan lahan dan bangunan.

Kedatangan mereka langsung disambut ratusan warga yang marah. Para warga yang kebanyakan ibu-ibu ini membawa panci dan alat dapur lainnya. Mereka marah-marah sambil berteriak.

"Kemarin kan sudah dimediasi dan sudah selesai masalahnya, kenapa ada SP III lagi. Sudah sana pergi dari sini, pergi!" teriak seorang ibu.

Melihat kondisi yang tidak kondusif, akhirnya para petugas Satpol PP kembali mundur dari lokasi. Salah satu perwakilan warga bernama H. Siduk kemudian menemui petugas.

"Kami marah sama petugas karena bangunan yang ada belum dibayar oleh Pemda DKI, padahal kami dan PT Pulomas sepakat ada ganti rugi, tapi kok tiba-tiba ada SP III saja tanpa ada ganti rugi," ucap H Siduk. PT Pulomas adalah perusahaan yang mendapat tugas dari Pemprov DKI untuk membangun waduk Ria Rio. Sebagian lahan di sekitar waduk menjadi sengketa kerena masalah pembebasan lahan.

Usai bertemu H. Siduk, para petugas Satpol PP akhirnya pergi. Sementara warga masih berjaga-jaga dan memblokir jalan di sekitar rumah mereka dengan bambu.

Kawasan hunian di tanah negara itu dikosongkan sebagai upaya untuk memperluas waduk dan lahan hijau untuk mengatasi masalah banjir di Ibukota. Hal ini juga sesuai dengan SK Gubernur DKI No 68/2014 yang menyatakan seluruh aliran sungai harus bersih dari bangunan.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih