16 September 2014

Jokowi Targetkan Swasembada Pangan dalam 3 Tahun

//images.detik.com/content/2014/09/16/4/jokowi4.jpg
Jakarta -Presiden terpilih Joko Widodo ingin Indonesia kembali mencapai swasembada pangan di pemerintahannya. Pria yang akrab disapa Jokowi ini menargetkan swasembada pangan bisa tercapai dalam 3 tahun.

"‎Target saya, swasembada pertanian harus bisa dilaksanakan dalam kurang lebih 3 tahun," kata Jokowi saat menjadi pembicara di kantor Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Swasembada, lanjut Jokowi, diutamakan untuk padi. Mantan Wali Kota Surakarta/Solo ini berharap produksi beras bisa ditingkatkan.

"Selain beras, gula harus bisa swasembada sendiri. Tahun ke-4 itu sudah mulai ada kelebihan dan mulai masuk hilirisasi produk pertanian," papar Jokowi.

‎Ia berharap lembaga riset dapat memaksimalkan penelitian di bidang pertanian. Jokowi juga ingin peneliti bisa menghasilkan benih kualitas unggul agar meningkatkan produktivitas pangan nasional.

"Tugasnya penelitian untuk varietas benih padi yang ‎bagus. Jangan berpikiran harus mencetak sawah baru, yang ada saja. Jumlahnya yang besar. Dulu yang panen sekali, inginnya panen 3 kali. Banyak yang tidak produktif jadi produktif," jelasnya.

(bil/hds) 

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih