23 September 2014

Jokowi sebut butuh Rp 60 triliun untuk realisasikan tol laut

Merdeka.com - Salah satu proyek pembangunan yang dijanjikan Presiden dan wakil presiden terpilih periode 2014-2019 Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) adalah jalur distribusi barang melalui laut, atau biasa disebut tol laut. Jokowi mengatakan, untuk merealisasikannya diperlukan dana sebesar Rp 60 triliun.

"Semuanya butuh Rp 60 triliun, tinggal eksekusi saja," kata Jokowi usai meninjau Pelabuhan Kali Baru di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (23/9).

Dia menambahkan, anggaran tersebut dibutuhkan untuk membeli kapal, pembangunan dan pengembangan pelabuhan, serta memperluas pelabuhan kecil. Dengan anggaran tersebut, pelabuhan besar yang menjadi sentral perekonomian akan diperdalam.

Pembangunan pelabuhan-pelabuhan baru bertujuan untuk merealisasikan visi misi Jokowi-JK dalam memperlancar distribusi logistik. Untuk menjangkau pulau-pulau kecil yang tidak memiliki deep seaport, akan mendapatkan distribusi menggunakan kapal kecil. Sehingga distribusi dapat berjalan lancar.

"Kita ini negara maritim, ya memang harus dilakukan seperti itu," ungkap Jokowi.

Selain pembangunan infrastruktur untuk tol laut, Gubernur DKI Jakarta ini juga akan mengimbanginya dengan manajemen distribusi logistik. Karena pada akhirnya, setelah diturunkan di dermaga akan tetap disalurkan melalui jalur darat.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih