13 September 2014

Jokowi: Saya Itu Anak Pinggir Sungai, Jadi Bisa Berenang

KOMPAS.COM/M WismabrataJokowi di pinggir sungai pepe, Sabtu (13/9/2014).

SOLO, KOMPAS.com - Jokowi membuat warga kampung Cinderejo Lor, RT 1/ RW 5, Nusukan, Banjarsari, terkejut karena kedatangannya. Sontak, warga kampung keluar rumah dan mendekat ke presiden terpilih Indonesia itu untuk bersalaman. 

Jokowi datang ke kampung tempatnya dibesarkan itu bersama beberapa wartawan dari media asing yang hendak meliput masa kecil Jokowi. Dalam wawancara, Jokowi pun menceritakan lokasi dan kisah masa kecilnya. Jokowi sempat menyebut beberapa nama temannya saat masih kecil dulu. 

Anak-anak dan warga bahagia mendapat kunjungan Jokowi. Tidak sedikit warga dan anak-anak yang mengekor di belakangnya saat menyusur gang kampung. Di bawah pohon Talok, Jokowi pun menerangkan kepada media di mana rumahnya berada. 

Saat digusur, keluarganya mendapat jatah tanah di utara sungai, namun saat itu orangtua Jokowi lebih memilih untuk tinggal bersama kerabatnya tak jauh dari Cinderejo. 

"Dulu ya di selatan sungai, lalu digusur dan dapat tanah di sana (sambil menunjuk arah utara sungai)," kata Jokowi, Sabtu (13/9/2014). 

Jokowi juga menceritakan bahwa Sungai Pepe waktu itu begitu jernih sehingga dia dan teman-temannya sering berenang di sungai. 

"Ya namanya anak pinggir sungai, ya bisa berenang," kata Jokowi. 

Selain itu, kondisi kampung saat ini sudah banyak berubah. Jokowi mencoba mengingat bahwa dulu hanya ada satu sumur yang digunakan beramai-ramai oleh warga. Oleh karena itu, banyak warga mandi di sungai karena malas mengantre. 

"Kalau saat ini sungai sangat kotor, enggak bisa dipakai mandi," tuturnya.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih