23 September 2014

Ahok Pertanyakan Soal Pelabuhan Priok yang Belum Tembus Rel Kereta

//images.detik.com/content/2014/09/23/4/184429_ahok2.jpg
Jakarta -Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama (Ahok) mempertanyakan soal lambannya pembangunan jalur rel Kereta Api (KA) akses Pelabuhan Tanjung Priok. Proyek yang dikerjakan keroyokan antara kementerian perhubungan (Kemenhub) dan BUMN ini membuat heran Ahok.

"Masak Pak Dahlan Iskan (Menteri BUMN) nggak berhasil masukin rel ke dalam sana (Tanjung Priok)?" ujar Ahok pada seminar logistik di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (23/9/2014)

Menurutnya, seharusnya sebagai Menteri BUMN Dahlan bisa memerintahkan Pelindo II, selaku operator Pelabuhan di Tanjung Priok agar menyelesaikan pembebasan lahan. Sehingga PT KAI pun bisa melanjutkan pembangunan rel dan stasiun di Priok.

"Nah ini saya bilang Pelindo II itu negara dalam negara. Bikin apa saja seenaknya, kita ngga bisa menyetop dia," sebutnya.

Ahok menambahkan, 65% kendaraan yang masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok berasal dari luar Jakarta. Sehingga kemacetan tak bisa dihindari, dampaknya akses untuk arus barang juga menjadi terhambat.

"Sekarang kan Tanjung Priok yang bermasalah karena 65% kendaraan dari luar Jakarta," terangnya.

Proyek ini dikerjakan oleh Kementerian Perhubungan, dengan dukungan BUMN PT Pelindo II dan PT KAI. Targetnya proses pembebasan lahan hingga konstruksi akan tuntas pada 2015

Jaringan rel kereta api logistik/kontainer yang menghubungkan antara Pelabuhan Tanjung Priok dengan Pelabuhan Peti Kemas hingga Tempat Penampungan Khusus (TPK) Koja, Jakarta Utara telah ada. Rel ini telah lama mati dan tidak digunakan untuk pengangkutan kereta api logistik, namun masih terputus alias belum sampai ke dalam pelabuhan.

Masalah pembebasan lahan akan menjadi tanggung jawab Ditjen KA Kemenhub. Sedangkan untuk konstruksinya akan dikerjakan oleh PT KAI sesuai kesepakatan Kementerian Perhubungan dan BUMN. 

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menargetkan pembangunan jalur rel Kereta Api (KA) akses Pelabuhan Tanjung Priok selesai tahun ini. 

"Rel kereta api akses Pelabuhan Tanjung Priok kita bekerjasama dengan PT KAI dan sedang dilakukan pembicaraan juga dengan PT Pelindo II. Masalah lahan Mbah Priok selesai tinggal pembebasan lahan di lorong 21 dan 23. Diharapkan tahun ini selesai," kata Bambang beberapa waktu lalu.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih