01 August 2014

Tim Jokowi-JK Minta Pembukaan Kotak Suara Diawasi Saksi

Ilustrasi
Jakarta - Tim Joko Widodo-Jusuf Kalla meminta pembukaan kotak suara diawasi langsung para saksi dari kedua pasangan capres/cawapres. Kehadiran saksi menjadi penting untuk menghindari penyimpangan terkait keperluan pembuktian di Mahkamah Konstitusi.

"Untuk menghindari polemik dan isu negatif atas pembukaan kotak suara, maka sebaiknya KPU Kabupaten/Kota melibatkan saksi dari masing-masing pasangan calon untuk bersama-sama menyaksikan proses tersebut," ujar tim Jokowi-JK, Sudyatmiko Ariwibowo, Kamis (31/7/2014).

Sudyatmiko mengatakan pembukaan kotak suara Pilpres yang diprotes kubu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa berkaitan dengan pembuktian atas gugatan hasil Pilpres di MK.

KPU Kabupaten/Kota menurut dia membuka kotak suara untuk menyiapkan

salinan/fotokopi formulir model A5 dan C7 terkait Pemilih DPTb dan DPKTb. "Sehingga tidak diperbolehkan merubah isi Berita Acara C1 hologram yang ada di dalamnya," sambungnya.

Pembukaan kotak suara ini juga harus dengan sepengetahuan Panwaslu Kabupaten/Kota dan Polres setempat.

"Formulir model A5 dan C7 yang telah difotokopi harus segera dikembalikan ke dalam kotak suara dan dikunci/digembok seperti semula," sambung Sudyatmiko.

Setiap pembukaan kotak suara lanjut dia harus disertai dengan pembuatan Berita Acara pembukaan kotak suara yang ditandatangani KPU dan Panwaslu Kabupaten/Kota.

Tim Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memprotes dibukanya kotak suara di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Jakarta. KPU DKI Jakarta menegaskan pembukaan kotak suara merupakan instruksi resmi.

"Instruksinya resmi dari KPU," kata Ketua KPU Jakarta, Sumarno saat dikonfirmasi, Kamis (31/7/2014).

Menurut dia, pembukaan kotak suara dilakukan dengan mengundang saksi dari kedua pasangan capres/cawapres, Panwaslu serta Kepolisian.

"Tujuannya untuk mengambil dokumen DPKTb sebagai alat bukti jawaban KPU yang akan diajukan di MK atas permohonan pemohon nomor 1," ujar Sumarno.

Ketua KPU Kotamadya Jakarta Timur Nurdin juga membenarkan adanya instruksi pembukaan kotak suara. "Berdasarkan surat KPU terkait dengan sengketa Pemilu," kata dia terpisah.

Protes tim Prabowo-Hatta muncul saat petugas membuka kotak suara sejumlah TPS di Kantor Kelurahan Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur. Tim Prabowo keberatan dengan pembukaan kotak suara tanpa disaksikan oleh saksi dari masing-masing pasangan pilpres.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih