31 July 2014

'Keputusan KPU soal pilpres mengikat, tapi belum final'

'Keputusan KPU soal pilpres mengikat, tapi belum final'
Jokowi-JK di KPU. ©2014 merdeka.com/imam buhori
Merdeka.com - Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang hasil Pilpres 2014 adalah mengikat, tetapi belum final. Hal ini yang membedakan dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang final sekaligus mengikat.

Oleh karena itu, mantan Ketua MK Jimly Asshiddiqie, berharap semua pihak bersabar dan jangan sampai ada kesimpulan seakan-akan Pilpres 2014 sudah final. 

"Keputusan KPU itu mengikat tapi belum final. Dia binding (mengikat) tapi belum final, karena finalnya setelah diputus sama MK. Kalau seandainya 3 hari setelah pengumuman itu ga ada gugatan, ya sudah final," ujar Jimly saat acara open house di kediamannya, Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (30/7).

"Dengan begitu kita punya ruang psikologis untuk menyesuaikan langkah-langkah konstitusional pasca-keputusan KPU kemarin. Sehingga orang yang mau meredakan ketegangan punya ruang psikologis yang cukup karena kita baru mengalami pilpres dengan 2 capres sekarang," imbuhnya. 

Jimly mengatakan, pilpres dengan dua kandidat ini kemungkinan adalah yang pertama sekaligus terakhir, karena pada 2019 nanti pemilu digelar serentak. Artinya, setiap parpol peserta pemilu legislatif memungkinkan untuk mengusung capresnya masing-masing.

"Jadi ketegangan ini kita nikmati karena belum tentu akan dialami lagi. Jadi nikmati dengan rasional jangan gegabah," ujarnya.

Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu ini mengatakan, pilpres dengan dua pasangan calon ini sangat menarik sekaligus mendewasakan demokrasi bangsa Indonesia. 

"Jadi tunggulah sabar. Yang sudah buru-buru nego kabinet belakanganlah," ujarnya.

"Kita juga harus bersyukur, untung pilpres ini di bulan Ramadan, sehingga ketegangan itu tidak terlalu tinggi. Walaupun masih ada sisa-sisanya dikit, kita nikmati saja," ujarnya.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih