16 June 2014

Tertibkan PKL Monas, Satpol PP Siapkan Senjata Lengkap

Kompas.com/Kurnia Sari AzizaPersonel Satpol PP hanya duduk-duduk di area Monas, Jakarta Pusat. Padahal banyak pedagang kaki lima (PKL)  

JAKARTA, KOMPAS.com — Personel Satpol PP DKI Jakarta menggunakan persenjataan lengkap dalam menertibkan pedagang kaki lima (PKL) yang ada di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Senin (16/6/2014).

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Kukuh Hadi Santoso mengatakan, senjata itu digunakan jika ada perlawanan. "Persenjataan kita lengkap, tapi ditinggal di mobil. Karena PKL-nya pada lari, dan tidak dipakai," kata Kukuh saat dihubungi wartawan, di Jakarta, Senin (16/6/2014). 

Senjata lengkap itu seperti pisau, pentungan, dan pistol kejut sesuai arahan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Menurut Kukuh, Basuki menginstruksikan menggunakan senjata pistol kejut listrik jika ada PKL yang melakukan kekerasan kepada aparat. 

Padahal, sebelumnya Gubernur DKI nonaktif menginstruksikan personel Satpol PP untuk menghilangkan kesan galak dan mengedepankan komunikasi. Dalam operasi penertiban PKL hari ini, kata Kukuh, pihaknya telah mengangkut sebuah mobil boks berisi peralatan PKL. Ratusan gerobak PKL pun telah diamankan dan diangkut ke Cakung. 

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Pusat Saefullah menjelaskan, hanya 338 PKL yang sudah terdaftar resmi berdagang di Lapangan IRTI Monas. Semetara itu, PKL Monas jumlahnya mencapai ribuan. 

"Selebihnya tidak boleh berdagang. Tidak boleh ada lagi PKL yang bermalam," kata Saefullah.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih