16 June 2014

Sisi Luar Stasiun Jakarta Kota Dipenuhi PKL

KOMPAS.com/Abba GabrillinPedagang kaki lima (PKL), berjualan di sepanjang sisi luar Stasiun Jakarta Kota, Tamansari, Jakarta Barat, Senin (16/6/2014).

JAKARTA, KOMPAS.com — Puluhan pedagang kaki lima (PKL) membuka lapaknya di sepanjang sisi luar Stasiun Jakarta Kota, Tamansari, Jakarta Barat. Para PKL mengaku tidak memiliki pilihan lain selain berjualan di lokasi tersebut. 

"Mau bagaimana lagi, memang tempatnya cuma di sini," ujar Zulkifli, seorang PKL, kepada Kompas.com, Senin (16/6/2014). 

Dari pantauan Kompas.com, puluhan PKL membuka lapak di sepanjang trotoar selebar 1,5 meter. Barang yang dijual oleh PKL juga beragam, mulai dari makanan, buah-buahan, sepatu, hingga aksesori wanita.

Selain menutup sebagian trotoar, para PKL juga mempersempit akses jalan menuju Stasiun Jakarta Kota. Menurut Zulkifli, petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berulang kali mencoba mengusir para PKL. Namun, mereka akhirnya kembali ke lokasi tersebut lantaran tak memiliki tempat alternatif. 

"Disuruh pindah ya harus diberi tempat juga. Mana bisa cuma disuruh pindah saja," ujar Zulkifli. 

Kepala Satpol PP Jakarta Barat Kadiman Sitinjak mengatakan, petugas Satpol PP telah berulang kali mengusir PKL di lokasi tersebut. Namun, hingga kini para PKL enggan menuruti larangan berjualan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kata Kadiman, ia akan segera berbicara dengan camat, dan melakukan tindak lanjut penertiban. 

"Mereka itu (PKL) memang sering kucing-kucingan dengan kita. Besok pagi akan kita tertibkan lagi mereka," ujar Kadiman.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih