16 June 2014

Pengemudi Transjakarta Akan Disertifikasi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transjakarta akan melakukan sertifikasi pada seluruh pengemudi bus Transjakarta. Hal ini disampaikan Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta Antonius Kosasih menanggapi kecelakaan beruntun antara transjakarta dan Kopaja AC di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Senin (16/6/2014) pagi. 

"Pengemudinya mesti kita latih keterampilan, dan standarisasinya harus oke. Kita sertifikasi seluruh sopir," kata Kosasih di Balaikota Jakarta, Senin. 

Latihan menyetir itu rutin dilaksanakan tiap tahunnya. Para pengemudi itu, lanjut dia, harus memiliki standar yang sama untuk menyetir. Sebab, pengemudi harus bertanggung jawab atas keselamatan penumpang Transjakarta. 

Sertifikasi pengemudi itu tidak hanya untuk pengemudi bus Transjakarta saja, tetapi juga diterapkan pada para pengemudi bus Kopaja dan Kopami yang juga menggunakan jalur Transjakarta. Pelatihan kepada pengemudi itu diberikan seiring peralihan pengadaan dan pengelolaan Transjakarta dari Dinas Perhubungan DKI. 

"Target kita 1 juta penumpang per hari. Sekarang baru 350 ribu. Itu pun sudah dipaksakan desak-desakan. Perlu 1.289 bus gandeng dan bus single. Jumlahnya dua kali lipat dari bus gandeng," kata Kosasih. 

Pihaknya juga telah melaporkan segala kendala dan kebutuhan PT Transjakarta kepada Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Hingga saat ini, PT Transjakarta belum bisa mengelola transjakarta secara menyeluruh karena masih transisi dari Unit Pelayanan (UP) yang dipimpin oleh Pargaulan Butarbutar. 

"Meskipun sekarang masih masa transisi dengan UP, secara operasional harus tandem sampai akhir tahun ini," ujar dia.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih