21 June 2014

"Kami Banyak Utang, Sengsara Kami, Pak JK"

FebrianCawapres Jusuf Kalla saat mendengarkan keluhan para buruh lapangan sepak bola poral jalan kerkop cihapit selatan, Cimahi Jawa Barat, Sabtu (21/6/2014).

CIMAHI, KOMPAS.com - Calon wakil presiden Jusuf Kalla menghadiri deklarasi dukungan dari pengusaha dan buruh di, Cipahit, Cimahi Jawa Barat, Sabtu (21/6/2014). Ketika tiba sekitar pukul 10.15 WIB di Lapangan Sepak Bola Poral Jalan Kerkop, Cipahit, Cimahi, JK yang didampingi pengusaha Sofyan Wanandi disambut ratusan buruh yang sudah menunggu dengan antusias. 

JK langsung menaiki panggung yang telah disediakan panitia dan menyapa semua buruh dan warga. Banyak warga dan buruh yang berebut untuk bersalaman dengan pria yang pernah menjabat sebagai wakil presiden periode 2004-2009 ini. Beberapa saat di atas pentas, JK beserta rombongan dikalungkan selendang merah oleh warga.  

Setelah menyampaikan pidato politiknya, JK pun memberi kesempatan kepada beberapa buruh yang hadir untuk berbicara. JK meminta para buruh untuk menyampaikan keluhan untuk menjadi masukan bila dia dan Joko Widodo terpilih pada pilpres nanti. 

"Silakan kalau ada yang mau ngomong, biar kita degarkan," ucap JK. 

Ada lima buruh perindustrian di Cimahi yang berkesempatan berbicara di atas panggung menyampaikan keluhan kepada JK. Salah satunya, Anita yang mengeluhkan hampir semua buruh dililit hutang karena besarnya pengeluaran dari pada pemasukan mereka.

"Kami banyak utang pak. Kredit motor kadang setor kadang enggak Pak, sengsara kami Pak," ucap Anita. 

Ada juga ibu-ibu yang berteriak dari bawah pentas. 

"Biaya kami lima juta pak (per bulan), gaji kami cuma dua juta. Jadi harus ngutang pak," teriaknya. 

Ada juga yang mengeluhkan sistem outsourcing perusahaan, bunga kredit bang yang besar, serta birokrasi perusahaan yang berbelit.

JK pun menjawab keluhan-keluhan ini satu per satu. JK menjanjikan upah buruh yang layak bila terpilih bersama Jokowi. Dia juga akan mengurangi siatem outsourcing dan menekan suku bunga bank yang memberatkan warga. 

"Kita akan upayakan nasib buruh yang lebih baik. Karena buruh adalah penopang perekonomian," ucap JK.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih