16 June 2014

Integrasi Halte dan Stasiun Dimulai Tahun Ini

ITDP IndonesiaHalte Karet 2 yang baru diresmikan penggunaannya pada Rabu (28/5/2014). Halte terlihat lebih lebar dan terbuka. Desain Halte Karet 2 rencananya akan digunakan pada seluruh halte transjakarta dalam pembenahan yang rencananya akan dimulai pada Januari 2015

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Transjakarta Antonius Kosasih mengatakan pihaknya sudah melakukan pembicaraan dengan pihak PT KAI, sehubungan dengan rencana pembangunan halte transjakarta yang terintegrasi dengan stasiun KRL. 

Menurut Antonius, dalam pembicaraan tersebut kedua belah pihak bersepakat untuk memulai pengintegrasian pada tahun ini. Kosasih menjelaskan, pembangunan tahap awal halte transjakarta yang terintegrasi dengan stasiun KRL akan dilakukan di tiga tempat, yakni di Cawang, Jatinegara, dan Kota. 

Di ketiga lokasi tersebut, letak halte dan stasiun memang cukup berdekatan. "Tahun ini, yang ketiga itu akan selesai. Setelah itu, tahap kedua akan kita lakukan di Stasiun Manggarai, Juanda dan Sudirman. Jadi nanti semuanya akan ada 6 stasiun. Jadi nanti dari stasiun, jalan sedikit terus nanti bisa masuk ke halte transjakarta," kata Kosasih, di Balaikota Jakarta, Senin (16/6/2014). 

Tak hanya mengenai stasiun dan halte, Kosasih juga mengungkapkan bahwa pihaknya dan PT KAI juga telah membahas mengenai pengintegrasian tiket. Saat ini, pengintegrasian tiket sudah terlaksana sehubungan dengan adanya produk-produk perbankan dari BCA, BNI, BRI, dan Mandiri yang dapat digunakan di kedua layanan tersebut.

"Problem utama kita ini, tidak bisa nyambung kartu untuk naik bus ke kereta api. Kalau di luar negeri itu bisa, kenapa kita tidak bisa. Nah untuk pelaksanaan itu perlu izin BI untuk penggunanan alat transkasi antarmoda, karena kan yang digunakan uang elektonik. Kita sudah lakukan komunikasi dengan bank-bank untuk digunakan sebagai alat pembayaran moda transportasi," jelasnya. 

Sejauh ini, ada empat bank yang telah mengadakan kerja sama dengan PT KCJ, yakni BCA dengan kartu Flazz, BRI dengan Brizzi, BNI dengan BNI Tap Cash, dan Mandiri dengan e-money. Keempat jenis uang elektronik tersebut dapat dideteksi, baik di gerbang elektronik yang ada di stasiun KRL, maupun di gerbang elektronik yang ada di halte transjakarta.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih