16 June 2014

Dituntut Seumur Hidup, Akil Protes Tak Ada Hal yang Meringankannya

Jakarta - Akil Mochtar merespon dengan nada tinggi tuntutan jaksa KPK yang memintanya dihukum seumur hidup. Eks Ketua MK ini protes jaksa sama sekali tidak memberikan satu pun hal yang meringankannya.

Akil tampak datar saja ketika jaksa membacakan tuntutan seumur hidup. Baru ketika persidangan usai dan dia berjalan keluar menuju ke kerumunan media, Akil seolah meluapkan perasaannya.

"Saya sama sekali tidak kaget. Kan sudah ada di pers. Tapi masa tidak ada hal yang meringankan," kata Akil di PN Tipikor, Jakarta, Senin (16/6/2014).

Jaksa KPK memang tidak memberikan satu pun poin meringankan untuk Akil. Penuntut umum menjabarkan sejumlah poin memberatkan.

"Paling nggak saya kan manusia, punya tanggungan keluarga. Masa saya juga tidak ada jasanya," ujar Akil.

Jaksa memiliki sejumlah pertimbangan memberatkan dalam menuntut Akil. Poin pertama, korupsi yang dilakukan Akil dilakukan pada saat pemerintah tengah giat-giatnya melakukan upaya pemberantasan korupsi. Kedua, Akil adalah seorang Ketua MK.

"MK, lembaga negara yang menjadi ujung tombak dan benteng bagi masyarakat mencari keadilan," ujar Pulung.

Poin ketiga, aksi Akil telah meruntuhkan wibawa MK. "Dan diperlukan waktu lama untuk mengembalikan wibawa yang telah runtuh tersebut," kata Pulung.

Lalu, jaksa juga menilai Akil selama di proses persidangan tidak kooperatif. "Terdakwa juga tidak menyesal atas perbuatannya," kata Pulung.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih