16 June 2014

50 Persen Bus Transjakarta Tak Laik Jalan

Ahok.Org – Pelaksana Tugas (Plt) Basuki Tjahaja Purnama menduga, kecelakaan antara transjakarta gandeng dan dua bus kopaja AC di Monas, Senin (16/6/2014) pagi, terjadi akibat kondisi bus transjakarta yang tidak laik jalan.
Ia mengatakan, saat ini sekitar 50 persen bus transjakarta sudah tidak laik jalan dan perlu direkondisi. “Kendaraan kita 50 persen harusnya sudah harus di-scrap, karena kebanyakan sudah beroperasi selama sembilan tahun. Tapi sekarang enggak bisa karena jumlah bus kita masih kurang. Karena itu minta bantu swasta aja biar cepat,” katanya di Balaikota Jakarta, Senin (16/6/2014).
Tak hanya itu, pria yang akrab disapa Ahok ini juga mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan mengadakan pelatihan khusus terhadap para sopir. Ia meminta para sopir angkutan umum di Jakarta memiliki kedisiplinan dalam berlalu lintas.
“Nanti pihak Scania akan ada pelatihan yang seperti itu,” imbuhnya.
Seperti diberitakan, tabrakan beruntun ini mengakibatkan lima penumpang kopaja AC mengalami luka-luka. Analisa sementara penyebab kecelakaan tersebut adalah karena adanyahuman error atau keteledoran pengemudi.
Kepala Satuan Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Ajun Komisaris Besar Sakat mengatakan, pengemudi bus transjakarta yang berada di antrean paling belakang tidak memperhatikan jarak. Padahal, saat itu, tiga kendaraan yang sudah sampai dekat halte Monas, yaitu satu bus transjakarta dan dua bus kopaja, sudah mengantre.
“Jadi bus transjakarta yang paling belakang itu melaju sedikit kencang tanpa memperhatikan jarak antarbus. Padahal, pengemudi bus itu sudah melihat ada tiga bus yang sedang mengantre di Halte Monas,” katanya saat meninjau lokasi kecelakaan. [Kompas.com]

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih