02 July 2014

Istri Wiji Thukul: Kalau Masih Hidup, Segera Muncul ke Publik

Solo - Penyataan aktivis 98, Andi Arief, tentang keberadaan penyair Wiji Thukul, mendapat berbagai tanggapan. Tak terkecuali pihak keluarga yang memberikan respons. Istri Thukul, Dyah Sujirah, berharap suaminya segera muncul di hadapan publik memberikan kesaksian sejujur-jujurnya apa yang dialami selama ini.

"Beberapa kawan yang kembali (dari penahanan dan penculikan) juga mengatakan bahwa dia (Wiji Thukul) masih hidup. Feeling saya juga menyebutkan dia masih hidup. Sebagai tokoh SMID, Andi Arief tahu banyak dan mungkin baru sekarang dia bersedia bicara sebagai bagian dari tanggungjawabnya untuk menyampaikan kenyataannya," kata Sipon saat ditemui di rumahnya di Kampung Kalangan, Jagalan, Jebres, Solo, Senin (30/6/2014).

"Lebih baik dia (Thukul) segera muncul ke publik untuk menyampaikan semua yang pernah dialaminya selama ini dengan segamblang-gamblangnya, dengan sejujur-jujurnya, tanpa perlu merasa tertekan apapun," tambah Sipon yang kini menghidupi dirinya dari usaha menjahit dan jualan pakaian.

Wiji Widodo atau yang kemudian akrab dengan nama seniman sebagai Wiji Thukul Wijaya atau Wiji Thukul adalah penyair asal Solo yang kemudian bergabung dengan Jaker (Jaringan Kesenian Rakyat), organisasi sayap Partai Rakyat Demokratik.

Thukul menghilang dari berbagai aktivitas umum semenjak sejumlah tokoh partai tersebut dikejar-kejar aparat Orde Baru. Selanjutnya nama Wiji Thukul disebut-sebut sebagai salah satu korban penculikan aktivitis di masa Orde Baru.

Belakangan Andi Arief menyebut Thukul masih hidup. Andi adalah mantan Ketua Solidaritas Mahasiswa Indonesia untuk Demokrasi (SMID), organisasi kemahasiswaan pro PRD. Andi mengaku saat dikejar-kejar aparat, dia bersama Thukul dan beberapa kawan lainnya sempat berpindah-pindah tempat persembunyian.

Pada Juli 1998, Andi mengaku masih bertemu Thukul di Alia Cikini. Andi mengaku memberikan uang Rp 2 juta ke Thukul, setelah itu dia tak tahu kemana perginya Thukul.

Namun, Wahyu Susilo, adik kandung Thukul, meragukan kebenaran omongan Andi Arief tersebut. Dia bahkan menyebut kesaksia Andi sebagai omongan tak bernilai dari orang yang sekarang menikmati kekuasaan, di saat kekuasaan itu sedang goyah. Aktivis yang saat ini sering mendampingi buruh migran tersebut juga menantang Andi bersaksi di Komnas HAM atas pernyataannya itu.


No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih