06 November 2016

Kasus Ahok, Bareskrim Juga Periksa Ketum MUI Sebagai Ahli Senin Besok

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri akan memeriksa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai terlapor kasus dugaan penistaan agama, Senin (7/11) besok. Selain Ahok, Ketum MUI KH. Ma'ruf Amin juga diagendakan akan diperiksa sebagai saksi ahli pada hari yang sama.

"Kalau tidak salah jadwalnya sekitar pukul 10.00 WIB. Mudah-mudahan tidak ada perubahan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Minggu (6/11/2016).

Boy menuturkan, pemeriksaan Ahok ini akan melengkapi proses pengumpulan alat bukti yang dilaksanakan penyidik. Penyidik, kata Boy, saat ini sedang berusaha menuntaskan penyelidikan dan pengumpulan alat bukti untuk menentukan status hukum Ahok.

"Di mana apabila ini sudah terkumpul sebagaimana yang telah disampaikan Bapak Kapolri untuk menjadi bahan pelaksanaan gelar perkara. Pelaksaan gelar perkara harinya belum ditentukan waktu masih tentatif tetapi tentu dalam bulan November," ujarnya.

Selain akan memeriksa Ahok, lanjut Boy, penyidik juga akan memeriksa Ketum MUI KH. Ma'ruf Amin sebagai saksi ahli agama.

"Mudah-mudahan tidak ada halangan. Beliau kalau berhalangan Senin berarti hari Selasa," tutur Boy.

Sementara itu, pakar hukum pidana Universitas Islam Indonesia Profesor Muzakir yang diajukan pihak pelapor telah diperiksa sebagai saksi ahli pada Kamis (3/11) lalu. Namun pemeriksaan itu belum tuntas.

"Kemaren ahli hukum pidana yang saya ketahui belum tuntas pemeriksaannya adalah Pak Muzakir dari UII Yogyakarta. Itu hanya melanjutkan karena belum tuntas karena beliau ada keperluan beliau minta dilanjutkan paling tidak Rabu besok," urainya. 

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih