12 November 2014

Taufik soal pidato Jokowi di APEC: Asal tak pakai bahasa Jawa

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan angkat bicara atas pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) di KTT APEC China. Dia menilai apa yang disampaikan Jokowi dengan bahasa Inggris telah sesuai dengan posisinya sebagai kepala negara.

"Kecuali kalau semuanya mengerti bahasa Indonesia (pidato Jokowi berbahasa Inggris). Asal jangan pakai bahasa Jawa saja," kata Taufik Kurniawan di kompleks parlemen Senayan Jakarta, Selasa (11/11).

Menurutnya pidato Jokowi yang lebih terlihat sebagai presentasi itu adalah berisi poin-poin penting. Isi pidato Jokowi pun telah memaparkan kebutuhan-kebutuhan Indonesia ke depan.

"Apapun itu adalah langkah yang sangat penting. Menyampaikan bahwa beberapa hal-hal strategis mengenai Indonesia," terang dia.

Lanjut dia, penggunaan bahasa Inggris Jokowi dalam pidato itu pun tak melanggar konstitusi. Penggunaan bahasa apa pun merupakan sesuatu yang situasional.

"Saya pikir (pidato pakai bahasa Inggris) itu situasional. Tinggal kita mencermati mau lihat dari sisi yang mana," pungkas dia.

Diketahui dalam Pasal 28 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 mewajibkan pidato resmi Presiden, Wakil Presiden dan pejabat negara yang lain yang disampaikan di dalam atau di luar negeri menggunakan bahasa Indonesia.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih