11 November 2014

Ahok Minta Marbot Masjid Diberangkatkan Umrah Tiap Tahun

Ahok.Org – Tahun ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai memberangkatkan penjaga atau marbot masjid untuk menjalankan ibadah umrah.
Asisten Sekretaris Daerah (Sekda) bidang Kesejahteraan Masyarakat DKI Jakarta Bambang Sugiyono mengatakan kebijakan pemberangkatan umrah penjaga masjid ini merupakan gagasan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.
“Tahun lalu marbot hanya digaji, belum umrah. Kalau sekarang Pak Plt Gubernur minta supaya marbot masjid itu lebih diperhatikan. Jadi selain diberi gaji tiap bulannya juga diumrahkan,” kata Bambang, di Balaikota, Selasa (11/11/2014).
Ia menjelaskan, tiap tahun Pemprov DKI memberi hibah kepada Dewan Masjid Indonesia sebesar Rp 10,1 miliar. Kemudian Dewan Masjid Indonesia mengalokasikan sebesar Rp 7 miliar anggaran di dalamnya dipergunakan khusus untuk pembayaran gaji marbot tiap bulan ditambah biaya keberangkatan umrah.
Adapun gaji yang dibayarkan kepada marbot masjid tiap bulannya kurang lebih Rp 200.000. Pada Kamis (6/11/2014) lalu, Pemprov DKI Jakarta telah menyeleksi 30 penjaga masjid yang bakal berangkat umrah tahun ini.
Para penjaga masjid yang akan diberangkatkan ini dipilih dari sekitar 3.140 orang marbot di 3000 an masjid di Jakarta.
“Para penjaga masjid yang diprioritaskan ini yang betul-betul rajin bekerja, sudah sepuh, tidak memiliki penghasilan lain selain menjadi marbot, serta penjaga masjid yang masjidnya kecil belum banyak ‘tersentuh’ orang,” kata mantan Wali Kota Jakarta Utara ini.
Bambang juga mengaku telah mendapat instruksi Ahok untuk memperbanyak kuota marbot masjid yang diberangkatkan umrah. Bila tahun ini 30 marbot masjid yang berangkat umrah, untuk tahun depan, Ahok meminta 40 hingga 70 marbot masjid dapat kesempatan beribadah di tanah suci Mekkah.
“Pak Basuki bilang semua orang yang bekerja di masjid itu pasti orang baik, makanya perlu diberi penghargaan (umrah). Tiap tahun, mungkin sekali atau dua kali, marbot diberangkatkan umrah. Untuk marbot yang sudah pernah diberangkatkan umrah, ya beri kesempatan pada penjaga masjid lainnya,” kata Bambang. [Kompas.com]

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih