28 October 2014

Terancam Dicopot Ahok, Akhirnya Kadis PU DKI Tanda Tangani Proyek JEDI

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta Manggas Rudi Siahaan akhirnya bersedia menandatangani dokumen proyek Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI). Ia melakukan hal itu setelah memperoleh ancaman bahwa Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama hendak mengganti Manggas dalam perombakan pejabat eselon II yang akan dilakukan dalam pekan ini. 

"Akhirnya Pak Rudi (Manggas) mau menandatangani dokumen tersebut," kata Sekretaris Daerah Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (28/10/2014). [Baca: Ini Rencana Ahok soal Pelantikan Kadis PU Baru]

Saefullah menjelaskan, Manggas memberikan tanda tangan setelah mendapatkan penjelasan mengenai aturan pencairan dana proyek JEDI dari Kementerian Keuangan. Dalam proyek tersebut, Manggas memang berperan sebagai pejabat pemegang kuasa anggaran. 

"Jadi, setelah mendapatkan penjelasan, beliau akhirnya bersedia tanda tangan. Pengerukan Kali Cideng yang merupakan salah satu proyek dalam JEDI dipastikan tidak akan molor," ujar mantan Wali Kota Jakarta Pusat itu. [Baca: Terancam Kena Pecat Gara-gara Dokumen Proyek JEDI, Ini Kata Kadis PU DKI]

Sebelumnya, Manggas menolak menandatangani dokumen pembayaran proyek JEDI tahap ketiga, Cideng-Thamrin, kepada pihak ketiga. Ia justru melimpahkan wewenang tersebut kepada Kepala Bidang Sumber Daya Air sebagai Pengguna Anggaran (PA).[Baca: Ahok Akan Copot Kadis PU jika...]

Namun, Kementerian Keuangan menolak peralihan wewenang tersebut. Kemenkeu telah menegaskan, dokumen penagihan pembayaran tidak dapat ditandatangani oleh PA, tetapi oleh pejabat KPA. 
Adapun proyek JEDI Tahap III ini berupa pengerukan di Kali Cideng-Thamrin sepanjang 3.330 meter persegi dengan pengerukan 31.420 meter kubik dan pembangunan turap sepanjang 2.570 meter persegi. 

JEDI merupakan proyek pengerukan 13 sungai oleh pemerintah pusat bersama Pemprov DKI. Proyek bertujuan membenahi sistem drainase di Jakarta untuk mencegah banjir tahunan.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih