28 October 2014

Jonan Jadi Menteri, PNS dan Pejabat Kemenhub Harus Masuk Sabtu-Minggu

//images.detik.com/content/2014/10/28/4/jonan08.jpgIgnasius Jonan, Menteri Perhubungan
Jakarta -Menteri Perhubungan Ignasius Jonan akan membuat kebijakan baru terkait jam kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kemenhub. Berbeda dengan jadwal kerja PNS umum, Jonan akan membuat jadwal piket Sabtu dan Minggu.

"Kalau saya lihat rekan-rekan di Unit Pelaksana Teknis (Pelabuhan dan Bandara) di lapangan kerja 24 jam. Nanti saya bikin yang efektif, termasuk untuk saya. Dibikin bergilir piket Sabtu-Minggu. Nanti dibikin siapa yang tanggung jawab," ungkap Jonan kepada awak media di kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (28/10/2014).

Untuk teknis masuk di hari kerja akan diatur dalam beberapa hari ke depan. Jonan juga meminta command center hingga IT center untuk aktif 24 jam.

Ia menyebut laporan dan keluhan harus ditindaklajuti meskipun itu hari libur sehingga perlu orang yang bertugas menangani laporan tersebut.

"Pakai email dephub.go.id. Tunggu Senin pagi bisa terlambat. Command center dan IT center nggak boleh mati. Nanti ada giliran piket Sabtu- Minggu," jelasnya.

Untuk jam masuk kerja, Jonan tidak akan mengubah. Saat ini jam masuk kerja tetap pukul 07.30 WIB dan pulang pukul 16.00 WIB.

Sebelumnya, Kepala Humas PT KAI (Persero) Makmur Syaheran menyebut Jonan saat masih menjadi Dirut KAI juga menggagas untuk piket akhir pekan dari karyawan hingga direksi. Konsep ini diberlakukan karena aktivitas layanan transportasi tidak pernah berhenti meskipun hari libur.

"Beliau kalau ada jadwal piket Sabtu atau Minggu, nggak boleh absen. Semua karyawan hingga dirut harus piket," kata Makmur.

//images.detik.com/content/2014/10/28/4/195806_jonan.jpg
Jakarta -Menjabat sebagai Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan mengungkapkan ada 2 prioritas yang akan dilakukannya. Prioritas pertama adalah memperbaiki atau mempersingkat perizinan yang ada di Kementerian Perhubungan.

"Yang diperbaiki tentang perizinan. Ini fokus besar," kata Jonan kepada di Kemenhub, Jakarta, Selasa (28/10/2014).

Prioritas atau fokus kedua adalah mendorong terciptanya layanan transportasi orang dan barang lebih baik.

Setidaknya untuk perbaikan layanan ini, harus ada target realistis dalam 5 tahun ke depan yang bisa dicapai. Selanjutnya, Jonan akan mengumpulkan operator dan regulator dalam satu meja.

"Kereta api, misal hingga tahun 2019 angkutan penumpang bisa capai 600 juta per tahun. Untuk capai itu, panggil operator untuk bicara. Anda sediakan apa? Kita sediakan apa? Gol apa. Itu harus konkret," jelasnya.

Cara seperti ini dinilai Jonan sangat tepat, untuk mempercepat layanan transportasi penumpang dan barang. Langkah ini juga dipakai agar rencana investasi operator sejalan dengan rencana regulator.

"Kadang investasi perusahaan nggak sinkron. Kita bikin apa, operator bikin apa," jelasnya

Kemarin usai dilantik menjadi Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan masih menggunakan pakaian batik saat blusukan ke kantor barunya di Kementerian Perhubungan. Hari ini Jonan sudah berbeda.

Mulai hari ini, Jonan sudah menggunakan seragam Kementerian Perhubungan lengkap. Pria kelahiran Singapura 21 Juni 1963 ini datang ke kantor Kemenhub sore ini, setelah mengikuti serangkaian rapat di luar kantor.

Sebelumnya, Jonan mengatakan, dirinya sudah mengajukan surat pengunduran diri ke Kementerian BUMN, kemarin pasca dilantik oleh Presiden Jokowi. Namun hingga hari ini, Jonan belum menerima surat balasan terkait pengunduran dirinya sebagai Dirut PT Kereta Api Indonesia (KAI).

"Sudah saya serahkan kemarin ke kementerian BUMN, tapi saya belum menerima surat pemberhentiannya," kata Jonan usai rakor bidang Perekonomian dan Maritim, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (28/10/2014).

Namun Jonan belum bisa memastikan, kapan surat pemberhentian dari Kementerian BUMN keluar. "Dalam waktu dekat, surat pemberhentian akan dikeluarkan kan bukan di saya," kilah Jonan.

Jonan termasuk menteri yang proses serah terima jabatannya (sertijab) dengan menteri sebelumnya, lebih lama dari menteri lainnya. Sertijab Menteri Perhubungan yakni dari EE Mangindaan kepada Ignasius Jonan, baru akan digelar pada hari Kamis tanggal 30 Oktober 2014 di Kemenhub, Jalan Merdeka Barat, Jakarta.

"Sertijab akan digelar hari Kamis jam 10," kata Kapuskom Kemenhub JA Barata.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih