16 September 2014

Pesan untuk Jokowi-JK dari Bawah Laut Wakatobi...

KOMPAS.COM/ KIKI ANDI PATIsejumlah penyelam dari bawah laut Wakatobi menitipkan pesan untuk Jokowi, agar tetap memperhatikan lingkungan bahari dan terumbu karang di Indonesia.

KENDARI, KOMPAS.com — Sejumlah penyelam yang tergabung dalam Scuba School International (SSI) menyampaikan pesan kepada presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo dan Jusuf Kalla, agar dalam penyusunan kabinetnya tetap memperhatikan program pelestarian lingkungan bahari, khususnya ekosistem terumbu karang dan spesies lainnya. 

Hal itu dilakukan para penyelam saat melakukan kampanye Save Coral di Perairan Wakatobi, Selasa (16/9/2014). Bertempat di Sombu Dive Spot Wakatobi, para penyelam membentangkan spanduk yang memuat sejumlah pesan untuk Jokowi agar dalam pemerintahannya nanti tidak melupakan program pelestarian terumbu karang di Nusantara. 

Salah satu pesan itu bertuliskan, "Pak Jokowi jangan lupa program pelestarian alam bahari ya. Negeri ini lebih banyak lautnya loh". 

Salah seorang penyelam, Seto Ariyadi, menuturkan bahwa kampanye Save Coral ini merupakan kegiatan rutin untuk mengingatkan semua pihak. 

"Sebenarnya ini adalah bagian kampanye rutin kami untuk selalu mengingatkan kepada semua pihak untuk bersama-sama menjaga ekosistem karang dan spesies lainnya yang ada di bawah laut, dengan tidak merusak, mengambil, atau menginjak sembarangan," ujarnya. 

Seto menambahkan bahwa keindahan terumbu karang di Nusantara terus mendapat ancaman kerusakan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga dibutuhkan dukungan pemerintah agar bisa membantu terjaganya ekosistem terumbu karang di beberapa wilayah destinasi wisata bawah laut yang ada di Indonesia, seperti Wakatobi dan beberapa wilayah lainnya di Nusantara. 

"Tidak bisa dipungkiri pula, keindahan ekosistem terumbu karang bagi wisata penyelaman bisa menarik devisa untuk negara dari jumlah kunjungan wisata Domestik maupun mancanegara," ujarnya. 

Untuk itu, lanjut Seto, pihaknya berharap agar pemerintah baru di bawah kepemimpinan Jokowi-JK lebih fokus dan peduli terhadap pelestarian alam bawah laut.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih