10 September 2014

"Kalau Dipilih DPRD, Enggak Akan Ada Orang kayak Ahok di DKI"

JAKARTA, KOMPAS.com — Sikap Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama yang berbeda pandangan dengan partainya, Gerindra, terkait revisi RUU Pilkada merupakan bentuk pernyataan sikap bahwa pemimpin yang baik hanya bisa didapat melalui proses pemilihan langsung oleh rakyat. 

"Itu merupakan kesaksian pribadinya. Menurut pengalaman Ahok, pemilihan langsung oleh rakyat akan bisa memunculkan orang yang bisa membawa perubahan. Kalau dipilih DPRD, enggak akan mungkin ada orang kayak Ahok bisa muncul di DKI," kata pengamat politik, Sebastian Salang, kepada Kompas.com, Rabu (10/9/2014). 

Menurut Sebastian, saat ini masyarakat Indonesia sudah semakin cerdas sehingga tak perlu lagi pemilihan kepala daerah dilakukan melalui DPRD. Masyarakat, kata dia, sudah bisa membuat keputusan sendiri untuk memilih orang-orang yang bagus untuk memimpin mereka. 

Meski demikian, Sebastian menyadari pelaksanaan pilkada langsung juga memunculkan pemimpin-pemimpin yang korup. Namun, ia menilai hal itu merupakan bagian dari proses berdemokrasi. 

"Banyak contoh di daerah mengenai pemimpin-pemimpin yang berprestasi walaupun banyak juga contoh yang gagal. Tapi, itu merupakan bagian dari proses dan tentu itu bisa dibenahi," ujar dia.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih