23 September 2014

Blusukan ke Pelabuhan, Jokowi Ingin Proyek New Tanjung Priok Dikebut


//images.detik.com/content/2014/09/23/4/170344_201106_jokowiumumkan1.jpg
Jakarta -Hari ini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) yang juga menjadi presiden terpilih, blusukan ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dia ingin proyek pelabuhan New Tanjung Priok di Kalibaru dikebut habis.

"Terus dikebut. Kita ingin 2018 sudah kapasitasnya (Pelabuhan Tanjung Priok) double. Karena di sini dimulai efisiensi biaya transportasi, efisiensi yang membebani harga barang, dimulai dari sini," kata Jokowi di kantor Pelindo II, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Jadi, selain pelabuhan Kalibaru yang disebut New Tanjung Priok ini rampung, Jokowi juga ingin proses ekspor-impor di Tanjung Priok efisien. Waktu bongkar muat (dwelling time) di pelabuhan ini ditekan, dari saat ini 5,2 hari menjadi 4 hari.

Tak hanya New Tanjung Priok, Jokowi juga ingin proyek-proyek pelabuhan lain di Indonesia dikebut pelaksanaannya, sehingga ada integrasi pelabuhan laut di Indonesia.

"Kalau kapalnya besar, bisanya di Tanjung Priok, di pelabuhan lain tidak bisa, ya untuk apa? Tapi nanti, akhir tahun ini kapal-kapal besar sudah bisa jalan," jelas Jokowi.

Bila New Tanjung Priok ini selesai dibangun, kapasitas kontainer di pelabuhan Tanjung Priok secara keseluruhan naik dari sekarang 6 juta teus menjadi 15 juta teus/tahun di 2018.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih