23 September 2014

Ahok Ingin Proyek MRT di Lebak Bulus Diteruskan Sampai ke Bogor

//images.detik.com/content/2014/09/23/4/200209_ahok2.jpg
Jakarta -Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama (Ahok) punya rencana besar agar transportasi massal jenis Mass Rapid Transit (MRT) tak hanya ada di Jakarta. Ia ingin MRT bisa menghubungkan Jakarta dengan kawasan sekitarnya.

Ahok punya rencana agar MRT jalur utara-selatan (Lebak Bulus-Kampung Bandan) dikembangkan lebih jauh. Salah satu wilayah yang diusulkan bisa tersambung MRT adalah Kabupaten/Kota Bogor dari Lebak Bulus, Jakarta Selatan, melalui rute selatan.

"Jadi utara ke selatan Lebak Bulus sampai ke Bogor sampai ke Kampung Bandan. Nah timur ke barat sekalian. Sampai ke Cikarang dan Balaraja," ujarnya pada seminar logistik di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Menurut Ahok, untuk merealisasikan gagasannya ini tidak diperlukan peranan PT MRT Jakarta yang saat ini menggarap MRT koridor utara-selatan bahkan rencananya koridor barat-timur (Cikarang-Balaraja). Pembangunan selanjutnya bisa dilimpahkan kepada PT KRL Commuter Jabodetabek (KCJ), anak usaha PT KAI.

"Kalau saya sih tak perlu ada PT MRT, kasih saja KCJ yang bikin," sebutnya.

Ia menambahkan rencananya ini telah disampaikan kepada Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) selaku pihak yang berwenang terkait perencanaan pembangunan nasional, termasuk di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Saya sudah bilang ke Bappenas, DKI yang tanggung dengan pemerintah pusat. Jadi betul-betul semua ini dengan kereta," papar Ahok.

Saat ini jalur yang menghubungkan Lebak Bulus ke Bogor terhubung dengan jalan nasional yang dikelola oleh Kementerian PU. Jalur tersebut mencakup Lebak Bulus (Jakarta Selatan)-Ciputat-Parung-Kedung Halang (Bogor).
(mkl/hen) 

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih