13 September 2014

400 Pedagang Kuliner Ramaikan Kaki Lima Night Market di Medan Merdeka Selatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menyelenggarakan Kaki Lima Night Market, pada Sabtu (13/9/2014) malam esok, di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. 

Kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya di tahun 2014. Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta Joko Kundaryo menjelaskan, tertundanya pelaksanaan Kaki Lima Night Market karena proses lelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP) DKI. 

"Iya, memang (penyelenggaraan Kaki Lima Night Market) baru terlaksana September ini. Kami juga baru selesai pengumuman pemenang lelang tender penyelenggara Kaki Lima Night Market di ULP itu Jumat kemarin," kata Joko, kepada Kompas.com, di Plaza Mandiri, Jakarta Selatan, Jumat (12/9/2014).

Usulan lelang telah diserahkan ke ULP sejak Februari lalu. Namun, karena keterbatasan SDM di ULP serta banyaknya program yang harus dilelang, maka lelang penyelenggaraan Kaki Lima Night Market harus menunggu antrean dengan program lainnya. 

Selain itu, banyak persyaratan dokumen yang harus dilengkapi untuk lelang di ULP. Adapun anggaran yang disediakan untuk menyelenggarakan Kaki Lima Night Market sebesar Rp 11,2 miliar. 

Anggaran itu merupakan alokasi untuk 52 kali pelaksanaan, yang menghabiskan sekitar Rp 80 juta sekali pelaksanaan. Namun, karena pelaksanaannya mundur, dipastikan akan ada kelebihan anggaran yang akan dikembalikan ke kas negara. 

Jumlah ini lebih sedikit dibanding penyelenggaraan tahun sebelumnya, yang mencapai Rp 150 juta untuk sekali pelaksanaan Kaki Lima Night Market. Sebab, tahun ini, Dinas KUMKMP DKI telah memiliki tenda sendiri. 

"Ada 400 pedagang kuliner, fashion, dan produk kreatif yang lolos verifikasi dan bisa berjualan di Kaki Lima Night Market," kata Joko.

Perbedaan pelaksanaan Kaki Lima Night Market tahun ini dengan sebelumnya adalah transaksi jual beli dengan non tunai melalui Bank DKI. Nantinya, pengunjung diwajibkan untuk membeli sebuah e-card dan bisa di-top-up saldonya. 

"Penyelenggaraan (Kaki Lima Night Market) pekan ini masih diperbolehkan belanja tunai. Nah, minggu depan, transaksinya non tunai. Jadi, seperti berbelanja makanan di food court 'Eat and Eat' atau 'Urban Kitchen'," ujar Joko. 

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih