18 June 2014

Buat Perda Zonasi, DKI Ingin Manfaatkan Ruang Laut

Ahok.Org -  Pemprov DKI Jakarta ingin memanfaatkan ruang laut yang dimiliki dengan menerapkan Peraturan Daerah (Perda) Zonasi Laut, sesuai dengan instruksi Pemerintah Pusat, yakni Kementerian Kelautan dan Perikanan, Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.
“Perda Zonasi itu sama dengan RDTR darat sebetulnya. Jadi bayangkan DKI dari dulu tidak pernah ada zonasi darat, apalagi yang laut,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama di Hotel Sari Pan Pacific, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (18/6).
Ia mengatakan, Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang notabene untuk diterapkan di wilayah darat juga baru diberlakukan dalam minggu ini. Padahal kekayaan yang dimiliki Jakarta sangat banyak, tetapi ia sangat menyayangkan semua properti di DKI ini dikuasai oleh pihak-pihak tertentu.
“Kita masih ada ruang udara, ruang bawah tanah. Satu lagi mana yang paling kaya lagi? Ruang laut sebetulnya. Jadi ini mesti kita manfaatkan,” katanya.
Penyelesaian Perda Zonasi tersebut, kata Basuki ditargetkan selesai akhir tahun ini. Meskipun pihaknya khawatir hal tersebut tidak bisa diselesaikan seperti yang diharapkan mengingat akan terjadi pergantian kabinet karena Presiden juga akan berganti.
Basuki mengatakan, apa saja yang harus ada di dalam Perda tersebut sudah ada sehingga tinggal dijabarkan saja. Hanya saja, pihaknya meminta kepada Dirjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil untuk mensosialisasikan dengan baik UU nomor 1 tahun 2014 tentang perubahan atas UU nomor 27 tahun 2007 tentang pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.
“Perda tersebut harus berisi bagaimana memanfaatkan pesisir pulau-pulau ini semua untuk kemaslahatan dan manfaat yang lebih besar,” katanya.
Dengan adanya Perda Zonasi tersebut juga diharapkan ruang laut di DKI tidak dicaplok lagi oleh para pengusaha swasta seperti halnya yang sudah terjadi di daratan DKI. [Beritasatu.com]

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih