29 October 2014

Gemuruh Awan Panas Gunung Sinabung di Tengah Blusukan Jokowi



Karo - Presiden Joko Widodo melakukan blusukan perdananya sebagai presiden ke luar kota. Tak tanggung-tanggung, lokasi yang dipilihnya adalah kawasan Gunung Sinabung, yang hingga kini masih aktif mengeluarkan awan panas.

Awan panas gunung Sinabung terlihat jelas ketika Jokowi mendatangi warga di Desa Guru Kinayan, Karo, Sumut, Rabu (29/10/2014). Kawasan tersebut berjarak 2 kilometer dari kaki gunung Sinabung. Abu vulkanik menutupi tanaman dan jalanan di sekitarnya. 

Di depan posisi duduk Jokowi, terlihat awan panas gunung Sinabung yang terus meluncur. Suara gemuruh juga terdengar. Cuaca sore ini sangat cerah sehingga awan terlihat jelas.

Jalanan aspal yang berada di desa tersebut sudah tertutup semua oleh debu. Jokowi tak mengenakan masker, hanya Iriana saja yang memakai dua lapis. Celana Jokowi bahkan kotor di sisi bagian kanan karena debu dan tanah liat.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendrasto mengatakan, sejak siang memang terjadi awan panas yang terus meluncur. Berikut datanya:

- Pukul 14.38 WIB terjadi awan panas guguran dari puncak dengan jarak luncur sejauh 4000 meter ke arah selatan. tinggi kolom abu awan panas 2000 meter.

- pukul 15.10 terjadi awan panas guguran dari puncak dengan jarak luncur sejauh 3000 m ke arah selatan. Tinggi kolom abu awan panas 1500 m.

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih