15 September 2014

Basuri Dukung Ahok Hengkang dari Gerindra

KOMPAS.com/Kurnia Sari AzizaWakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (kiri), dan adiknya, Bupati Belitung Timur, Basuri Tjahaja Purnama.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bupati Belitung Timur Basuri Tjahaja Purnama mendukung kakaknya, Basuki Tjahaja Purnama yang juga Wakil Gubernur DKI Jakarta, hengkang dari Partai Gerindra. Keputusan Basuki untuk keluar dari keanggotaan Gerindra karena merasa sudah tidak lagi sepaham terkait revisi RUU Pilkada, pemilihan kepala daerah oleh DPRD. 

"He-he-he saya setuju dan mendukung keputusan abang (panggilan Basuki) saja," kata pria yang akrab disapa Yuyu itu, kepada Kompas.com, Senin (15/9/2014). 

Menurut dia, seluruh partai politik seharusnya berkomitmen untuk mengutamakan kepentingan masyarakat banyak daripada kepentingan kelompok tertentu. Di samping itu, harus ada keseimbangan serta hubungan yang terjalin baik antara pihak eksekutif dan legislatif.  

"Kalau kepala daerah dipilih DPRD sama saja bohong. Saya jugandak setuju kalau (kepala daerah) itu yang pilih DPRD, saya dukung 100 persen keputusan beliau (Basuki) keluar dari Gerindra," kata Yuyu.

Kader Partai Golkar itu menjelaskan, langkah Basuki sudah tepat jika partai tempatnya bernaung sudah tidak lagi memperjuangkan komitmen untuk masyarakat. 

Kendati demikian, Yuyu mengaku, hingga kini belum berniat melakukan hal yang sama seperti sang kakak, yakni hengkang dari partai, meskipun Partai Golkar termasuk salah satu partai Koalisi Merah Putih dan pendukung Pilkada tidak langsung. Saat pertama kali mendengar keputusan Basuki hengkang dari Gerindra, Yuyu mengaku tidak diberitahu sebelumnya. 

"Aku cuma nonton beritanya di televisi. Kenapa harus kaget? Kalau untuk kepentingan rakyat, ndak aneh keputusan abang seperti itu," ujar Yuyu. 

Basuki sebelumnya menyatakan pengunduran diri dari Partai Gerindra. Hal ini disebabkan, karena ia tidak sepakat dengan sikap Partai Gerindra yang mendukung pemilihan kepala daerah melalui DPRD. Menurut dia, jika kepala daerah dipilih DPRD, Indonesia hanya akan kembali pada zaman orde baru. 

Basuki, atau yang akrab disapa Ahok, resmi mengundurkan diri dari Partai Gerindra pada Rabu (10/9/2014) kepada DPP Partai Gerindra. Dengan itu, Basuki tidak lagi menjabat sebagai Ketua Bidang Politik DPP Partai Gerindra. Basuki memilih fokus merealisasikan program unggulan selama sisa tiga tahun pemerintahannya di DKI Jakarta. 

No comments:

Post a Comment

http://www.youtube.com/user/dimensinet
http://www.youtube.com/user/MrLovemata
https://twitter.com/LoVeMaTa
Mohon untuk di Jempol dan di SUBSCRIBE yah gan. Terima Kasih